31 March 2016

Jadwal Sertifikasi Alur PLPG, PPG dan Pengumpulan Berkas Tahun 2016

INI DIA INFORMASI AWAL TENTANG JUKNIS SERTIFIKASI GURU 2016 YANG PENTING UNTUK BAPAK DAN IBU GURU KETAHUI

Selamat datang semuanya untuk rekan guru yang berada diseluruh Indonesia, kami memberikan informasi terkait dengan adanya Juknis Sertifikasi Guru tahun 2016..Silahkan di simak disini..

Pada 2016 ini sertifikasi guru atau pendidikan profesi guru bagi guru dalam Jabatan (yang sudah diangkat PNS atau yang sudah menjadi guru) akan dilaksanakan dengan 2 pola. Berikut ini 2 (dua) pola sertifikasi guru 2016 yaitu :
  1.  PLPG yang diperuntukan bagi guru yang sudah menjadi guru sebelum UU guru dan dosen diterbitkan ( TMT 2005 ke belakang).
  2. Sertifikasi Guru melalui PPG ( SG-PPG ) yang diperuntuukan bagi guru yang TMT menjadi gurunya 2 Januari 2006 sampai 31 Desember 2015.
Sambil menunggu Juknis Sertifikasi Guru 2016, berdasarkan informasi awal disampaikan bahwa peserta PLPG dan SG-PPG adalah guru yang memiliki nilai UKG minimal 55. Jadi Guru yang memiliki nilai UKG nya dibawah 55, otomatis tidak tercantum dalam daftar calon peserta.

jadwal Sertifikasi

Untuk peserta SG-PPG membayar sendiri biaya proses SG-PPG sebesar Rp. 15.000.000,- dan mekanisme pembayaran menunggu informasi selanjutnya.

Bagi peserta PLPG dan SG-PPG dilarang memanipulasi data. Apabila di kemudian hari terbukti memanipulasi data, maka peserta tersebut akan didiskualifikasi selamanya tidak diperbolehkan mengikuti sertifikasi guru.

BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK PESERTA PLPG TAHUN 2016 :
  • Foto copy Ijazah S1 atau D-IV, serta Ijazah S2 dan atau S3 (bagi yang memiliki) dan disyahkan oleh Perguruan Tinggi yang mengeluarkan.
  • Foto copy SK sebagai guru, mulai SK pengangkatan pertama hingga SK terakhir yang disyahkan oleh atasan langsung/pejabat yang berwenang.
  • Foto copy SK mengajar (dilengkapi dengan jadwal mengajar) 2 tahun terakhir yang disyahkan oleh atasan langsung.
  • Foto copy SK pangkat terakhir (bagi guru PNS) yang disyahkan oleh atasan langsung/pejabat terkait.
  • Format A1 yang telah ditandatangani oleh Dinas Pendidikan Kabupaten. (format A1 akan dicetak setelah proses validasi dan verifikasi selesai).

PROSES PELAKSANAAN PLPG :

Mengikuti PLPG yang dilaksanakan oleh LPTK penyelenggara sertifikasi dan diakhiri dengan uji kompetensi.
Mengikuti 2 kali ujian ulang bagi peserta yang belum lulus uji kompetensi PLPG. Apbila tidak lulus ujian ulang, peserta dikembalikan ke dinas pendidikan kabupaten.
Peserta PLPG yang tidak memenuhi panggilan karena alasan yang dapat dipertanggungjawabkan diberi kesempatan untuk mengikuti PLPG pada panggilan berikutnya pada tahun berjalan selama PLPG masih dilaksanakan.


BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN UNTUK PESERTA SG-PPG TAHUN 2016
  • Foto copy Ijazah terakhir yang telah dilegalisasi dengan ketentuan sbb:
  • Foto copy ijazah dari perguruan tinggi negeri dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah tersebut.
  • Foto copy ijazah dari perguruan tinggi swasta dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah tersebut.
  • Foto copy ijazah dari perguruan tinggi swasta yang sudah tidak beroperasi harus dilegalisasi oleh kopertis.
  • Foto copy Ijazah dari luar negeri harus dilampiri surat keterangan akreditasi dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.
  • Foto copy SK pengangkatan sebagai guru tetap sejak pertama menjadi guru sampai SK pangkat/golongan terakhir yang dilegalisasi atasan langsung (bagi PNS) atau SK 2 tahun terakhir yang dilegalisasi oleh atasan langsung (bagi guru non PNS).
  • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar (enam bulan terakhir, bukan polaroid) dibagian belakang ditulis identitas peserta (nama, nomor peserta, dan satminkal).
  • Pakta integritas dari calon peserta bahwa berkas/dokumen yang diserahkan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya (format terlampir).
PROSES PELAKSANAAN SG-PPG :

Mengikuti seleksi masuk SG-PPG di LPTK yang telah ditunjuk.
Mengikuti setiap

tahapan SG-PPG di LPTK penyelenggara yaitu : workshop 1, PPL 1, workshop 2, PPL 2. Sebelum mengikuti workshop 1 peserta harus melaksanakan penugasan problematika pembelajaran di sekolah masing-masing, setara 3 sks.
Mengikuti uji kompetensi : ujian tulis 1, ujian kinerja 1, ujian tulis 2, ujian kinerja 2 dan diakhiri seluruh tahapan peserta mengikuti ujian tertulis nasional secara ONLINE.
Mengikuti ujian ulang bagi peserta yang tidak lulus pada setiap ujian. Kesempatan ujian ulang hanya 2 kali.

Contoh Format Pakta Integritas Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016

PAKTA INTEGRITAS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
NIP / NIK :
Tempat Tanggal Lahir :
NUPTK :
Unit Kerja :
Alamat Unit Kerja :
Dengan ini saya menyatakan bahwa bukti fisik di dalam berkas/dokumen yang saya lampirkan untuk keperluan sertifikasi guru ini benar dan absah adanya, dan jika di kemudian hari ternyata bukti fisik saya tidak benar dan tidak absah, saya bersedia menerima sanksi dan dampak hukum sesuai peraturan perundsang-undangan yang berlaku, termasuk digugurkan sebagai peserta sertifikasi tahun 2016.


...................., .................. 2016
Calon Peserta Sertifikasi,



( .................................... )
NIP/NIK.............................


Informasi selengkapnya akan diperoleh melalui dinas pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.
Silahkan download dibawah ini untuk kelengkapan sertifikasi guru 2016
DOWNLOAD PANDUAN SERTIFIKASI GURU TAHUN 2016 

Sumber : http://www.kuambil.com/2016/03/ini-dia-informasi-awal-tentang-juknis.html

30 March 2016

Download Instrumen Penilaian Dan Laporan Perkembangan Anak Usia Dini (TK/PAUD)

Download Instrumen Penilaian Dan Laporan Perkembangan Anak TK/PAUD_Berikut ini kami bagikan format untuk menilai dan melaporkan perkembangan usia dini PAUD/TK, Penilanan dan perkembangan pada usia dini sebagai siswa di sekolah taman kanak-kanak sangatlah penting untuk melihat perkebangan pada anak melalui daya serapa, membedaakan beberapa jenis huruf dan angka.

Dengan adanya laporan dari guru TK/PAUD kepada orang tua terhadap perkembangan diri selama mengikuti belajar selama 8 bula. Maka tentunya ini akan memberikan danpak positif terhadap orang tau, agar nantinya, bisa diketahui oleh mereka (orang tua siswa) bahwa putra-putrinya mengalami peningkatan daya belajar, atau malah sebaliknya.


Semoga saja dengan adanya contoh format instrumen penilaian dan laporan terhadap perkembangan anak bisa di nilai dengan seksama tiap siswa.

Silahkan bagi rekan guru yang ingin mempelajari atau memahami file instrumen penilaian perkebangan anak usia dini bisa di unduh pada link dibawah ini.

Download Instrumen Penilaian Dan Laporan Perkembangan Usia Dini
Instrumen Paud Lengkap
Format LPPA PAUD Perkembangan Usia Dinia
Demikianlah yang kami bagika instrumen penilaian dan laporan perkebangan usia dini. semoga bisa membantu dan bermanfaat 

Contoh RAPBS (Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah) Untuk Sekolah TK/PAUD

Selamat datang semuanya, Kami upload lagi ini file untuk sekolah TK/PAUD, Karena kami merasa perlu untuk membagikan file ini, guna membantu sekolah TK/PAUD untuk tetap berkembang dan maju. Adapun file yang kami bagikan ini adalah RAPB PAUD -- Sebagai bahan Contoh Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (RAPBS) TK KB TPA SPS
Pengertian RAPBS adalah rencana biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama dan merupakan dokumen anggaran sekolah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah dan Kepala Sekolah serta penanggungjawab perumusan RAPBS, untuk menjadi anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah.
RAPBS dibuat hanya untuk satu tahun anggran pelajaran mendatang dan terdiri dari 2 bagian yaitu Pendapatan dan Pengeluaran. RAPBS mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang. Pendapatan yang dicantumkan di RAPBS hanya mencakup dana dalam bentuk uang, baik yang akan diterima dan dikelola langsung oleh sekolah.



Silahkan saja di download contoh RAPBS ini sebagai bahan rujukan penyusunan Rapbs di sekolah TK/PAUD masing-masing, agar segala perencanaan biaya baik pengeluaran ataupun pemasukan tiap tahunnya bisa berjalan dengan lancar dan terkendali tiap pelaporan tiap tahunnya.

File yang kami sediakan ada dua jenis yaitu Office dan Excel, suber file ini kami dapatkan dari paudjteng.

Download RAPBS TK/PAUD 
Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja (Download )
RAPD TK/PAUD (Download)

29 March 2016

Siapakah Pemda Di Daerah Anda Menerapakan Uans ( CBT ) Compter Based Test Tahun ini?Ada Pemda 100% Siapa Nih.....!!!

Selamat datang semuanya_Kami membawa kabar pendidikan terkait dengan pelaksanaan Unas tahun 2016 yang akan di lakukan pada Pemerintah Daerah (Pemda), ada satu pemda yang siap 100% akan melaksanakan Unas, lalu bagaimana dengan Pemda di daerah lain, apa sudah siap atau tidak sama sekali untuk melaksanakan Unas Tahun ini_ Simak selengkapnya disini kami lancir dari Jpnn.com.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mempersiapkanpelaksanaan ujian nasional (Unas). Persiapan tidak sebatas di ujian berbasis kertas, tapi juga harus memperhatikan persiapan teknis unas berbasis komputer (computer based test/CBT).

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam mengatakan, tahun ini jumlah sekolah yang menjalankan Unas CBT mencapai 4.402 unit. Mulai dari jenjang SMP, SMA, hingga SMK.


’’Sebenarnya 4.404 unit sekolah, tetapi dua sekolah minta mundur karena belum siap infrastrukturnya,’’ kata Nizam kemarin (28/3).
Guru besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menuturkan apresiasi tinggi diberikan kepada Pemkot Surabaya. Sebab, Surabaya satu-satunya pemkot yang menerapkan pelaksanaan unas CBT secara 100 persen.
Nizam mengatakan, sempat muncul kabar bahwa unas di DKI Jakarta juga bakal menggunakan komputer seluruhnya.

Tetapi setelah dilakukan evaluasi, unas di ibukota tetap dijalankan dengan dua versi: komputer dan kertas. ’’Di Jakarta hanya ada sekitar 300 unit sekolah yang melaksanakan unas CBT,’’ katanya.

Pejabat yang hobi bersepeda gunung itu menuturkan sampai kemarin belum dilakukan pentautan (sinkronisasi) antara komputer yang ada di seluruh sekolah dengan server komputer Kemendikbud di Jakarta. Tujuan utama dalam pentautan ini adalah untuk mengisi butir soal di komputer peserta ujian.

Nizam mengatakan, untuk alasan keamanan, pengisian butir soal ujian di komputer sekolah dilaksanakan H-3 atau Jumat (1/4) nanti. Dia mengatakan pengisian butir soal ujian ini dilakukan secara online. Tidak menggunakan CD atau flashdisk untuk media penyimpanan butir ujian.

Selama proses pengisian butir soal ujian ini, Nizam menjamin kerahasiaannya. Bahkan oleh proktor atau petugas teknisi unas CBT, butir-butir soal ujian yang ditransfer itu tidak akan bisa dibaca. ’’File bukan dalam bentuk PDF atau Word. Tetapi berupa enskripsi data,’’ katanya.

Nizam menuturkan, saat ujian berlangsung, soal ujian yang berupa enskripsi data itu berubah wujud. Caranya, setiap orang proktor akan mendapat kode token dari panitia unas di tingkat Kemendikbud. Tanpa ada token tersebut, perubahan wujud butir soal ujian tidak bisa dilakukan.
Sistem baru dalam unas CBT tahun ini berlaku untuk materi listening. Tahun lalu siswa mengerjakan soal ujian listening bahasa Inggris dengan mendengarkan suara yang diputar di setiap kelas melalui pengeras suara. Muncul masalah ketika soal yang didengar ternyata tidak pas dengan tampilan soal di komputer.

Akhirnya mulai tahun ini butir soal ujian listening juga dibenamkan di sistem unas CBT. Sehingga siswa nanti cukup mendengarkan soal itu dengan bantuan headset. (wan/agm)
Sumber : Jpnn.com

Demikianlah yang kami infornasikan terkait dengan Unas Tahun 2016 ini, semoga memberi manfaat untuk dunia pendidikan

Baru : Aplikasi Untuk Menghitung Total Suara (Jumlah) Di PPS KPPS

Selamat siang dan selamat datang di web infotutorial_Kesempatan ini kami akan memberikan sebuah aplikasi yang sipatnya tahunan, Tapi jenis aplikasi ini bukan jenis aplikasi pendidikan. akan tetapi aplikasi ini  sangat bermanfaat bagi rekan-rekan guru yang suka di tunjuk sebagai anggota atau ketua di suatu kegiatan seperti TPS ( Tempat Pemungutan Suara) dalam rangka pemilihakan kepala daerah atau jenisnya.

Akan tetapi tidak ada salahnya aplikasi ini bisa di gunakan di sekolah pada saat pemilihan ketua OSIS atau Pramuka.

Seperti apa bentuk dari aplikasi TPS ini.

Silahkan di unduh saja pada link dibawah ini.


Download Button

28 March 2016

Software Scanner LKJ Gratis Untuk SD/SMP/SMA

Software Scanner LKJ Gratis Untuk SD/SMP/SMA_Maraknya Aplikasi-aplikasi pendidikan yang di tawarkan oleh para jasa blogger melalui media sosial untuk membantu guru yang profesinya sebagai guru. Mulai dari Apliasi yang berbasic Microsoft excell sampai Software yang berbasic exe. Artinya ya ini semakin mudah untuk mempercepat pekerjaan guru yang sudah di tawarkan oleh para blogger baik aplikasi yang prabayar atau full gratis.

Salah satunya adalah software scanner LKJ ( Lembar Kerja Jawaban ) ujian sekolah ini bisa di cek secara mandiri oleh guru yang bisa mengoprasikan komputer atau laptop. Aplikasi yang kami bagikan ini grtis tanpa harus registrasi lagi.

Silahkan yang terjarik unduh langsung software lkj ini secara gratis tanpa harus melwari unduhan sebanyak 2x atau mungkin 4x menuju link unduhan file atau aplikasi. Tapi di sini cukup 1x saja menuju google drive file unduhannya.

Download Software Lembar Kerja Jawaban Ujian Sekolah.
download[4]

Download Modul Penyusunan Dan Pembukuan LPJ BOS Terbaru Semua Jenjang Pendidikan

Berikut ini kami upload file yang merupakan referensi dari Web google drive opssekolahdasar.blogspot.com. Adapun file yang kami bagikan ini adalah file yang berfungsi untuk pembukuan dan penyusunan LPJ Bos. Adanya laporan dan penyusunan pembukuan LPJ Bos merupakan pelaporan tiap sekolah baik, pelaporan lpj bos tingakat provinsi ataupun tingkat kabupaten.

Penggunaan pembukuan dan penyusunan Lpj ini tidaklah rumit dalam menggunakannya. Modul ini mudah di pahami dan sangat simpel. Maka kami di sini akan membagikan Modul LPJ untuk semua jenjang satuan Pendidikan.

Nah...bagi yang ingin melihat dan membelajari Modul Lpj ini, silahkan unduh link dibawah ini

download[4]
Demikianlah yang dapat kami bagikan mengenai pembukuan dan penyusunan LPJ tahun 2016 semoga bermanfaat. terimakasih

Aplikasi Baru Kurikulum 2013 Untuk Sekolah MAN ( IIK_Ilmu-Ilmu Keagamaan )

Banyaknya Aplikasi yang sekarang bisa di gunakan oleh sekolah sebagai alur alternatif tanpa membuat format excell atau office secara manual. Baik data untuk mengolah nila, Absen Sisw/guru sekarang sudah semakin banyak yang membuat aplikasi Pendidikan.

Salah satunya adalah aplikasi untuk jenjang MAN ( Madrasah Aliyah Negeri) yaitu aplikasi IKK_Ilmu-Ilmu Keagamaan yang termuan pada aplikasi ini sesuai dengan pelajaran yang ada di sekolah MAN

Bagi rekan guru atau Ops yang belum memiliki aplikasi ini bisa di unduh dan di bagikan kepada rekan-rekan guru yang mengajar di Sekolah MAN.

Sebagai gambaran kami tampilkan fitur dibawah ini sebagian saja.


Penasaran seperti apa bentuk dari Aplikas K13 Man nh....silahkan unduh langsung dibawah ini.
Download Aplikasi K13 Man 2016.
”download[4]”

26 March 2016

Download File : Aplikasi Supervisi Kunjungan Kelas Guru Kurikulum K13 Dan KTSP

Infotutorial_Berikut ini kami bagikan sebuah aplikasi yang memiliki dua fungsi untuk kurikulum, yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum KTSP. Nama aplikasi ini adalah Supervisi kunjungan guru kelas yang memiliki keragaman untuk menilai guru kelas.


Berikut ini kami bagikan secara gratis untuk rekan guru dan kepala sekolah. Silahkan unduh link yang  sudah kami sediakan.

Aplikasi Supervisi Kunjungan Kelas Guru Kurikulum 2013 Dan KTSP Download
 Sekian dan terimaksih semoga bermanfaat dengan adanya aplikasi supervisi in untuk sekolah yang menjalankan kurikulum baik KTS ataupun K13.

25 March 2016

Kabar Mendikbud : Sinkronisasi Peraturan, Kemendikbud Selenggarakan Diskusi Program Legislasi

Infotutorial _ Balik lagi membawa kabar dari mendikbud terkait dengan Sinkronisasi Peraturan, Kemendikbud Selenggarakan Diskusi Program Legislasi : Bahawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion Program Legislasi Kemendikbud tahun 2016 di Jakarta (24/3/2016). Kegiatan yang diselenggarakan selama satu hari ini bertujuan untuk mengevaluasi peraturan-peraturan di lingkungan pendidikan dan kebudayaan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan berharap peserta diskusi menyadari besarnya tanggung jawab dalam pembentukan ekosistem pendidikan dan kebudayaan.
"Legislasi adalah kewenangan khas kementerian yang membedakan dengan elemen lain dalam ekosistem pendidikan kita,” katanya saat memberikan pengarahan sekaligus membuka kegiatan diskusi di Jakarta, (24/3/2016).
Salah satu latar belakang diselenggarakannya diskusi program legislasi adalah masih adanya ketidaksinkronan aturan yang menyebabkan aturan tersebut justru menjerat si pembuat peraturan. Hal ini menjadi salah satu perhatian akan perlunya pemahaman tentang apa yang perlu diatur dan mengenai aturan itu sendiri. Dalam diskusi ini juga dibahas apakah peraturan yang lama perlu direvisi, disesuaikan, atau dibatalkan.

“Kita secara serius menempatkan tujuan, bahwa kita ingin membentuk ekosistem pendidikan dan kebudayaan, dan aturan mempunyai efek yang besar sekali dalam proses pembentukannya,” ujar Mendikbud.

Ia mengatakan, banyaknya peraturan yang masih tidak sinkron atau bahkan saling berseberangan diharapkan bisa sesuai satu sama lain. Menurutnya ada beberapa cara untuk memperbaiki peraturan-peraturan tersebut.
“Salah satunya adalah dengan membuat arus utama baru, yaitu visi. Lalu kita pastikan peraturan yang baru sesuai dengan visi tersebut. Atau dengan melihat satu-satu kemudian disamakan, mana yang harus dianulir mana yang harus disamakan,” tuturnya.
Ia juga berpesan agar arus utama yang dibuat nanti bisa untuk membangun ekosistem pendidikan dan kebudayaan. Sehingga peraturan-peraturan nanti bisa memberikan ruang kepada pemerintah dan masyrakat untuk berkiprah di dalam aktivitas pendidikan dan kebudayaan.

Mendikbud berharap para peserta bisa menjadi arsitek pendidikan dan kebudayaan. Peran arsitek tersebut adalah untuk merancang perilaku pendidikan dan kebudayaan. "Jadi yang perlu diingat adalah bahwa diskusi tersebut tidak untuk membuat peraturan. Kita bukan membuat peraturan, kita sedang membentuk perilaku,” ujarnya. (Aji Shahwin/Desliana Maulipaksi)

Sumber : Mendikbud

24 March 2016

Download File : Contoh Proposal Rehab Pembangunan Masjid 2016

Download File : Contoh Proposal Rehab Pembangunan Masjid_kami bagikan sebuah contoh proposal untuk merehab pembangunan mesjid atau ingin membagun masjid. Rehab pembangunan mesjid adalah hal yang mesti kita lakukan, karena mesjid adalah tempat ibadah dan rumah_Nya Orang Islam sebagai tempat untuk sujud syukur kepada-Nya.

Pada masa sekarang ini memang tidak mudah untuk pengajuan proposal, bagi yang berjenis pendidikan atau bantuan yang lainnya. Akan tetapi tidak ada salahnya kita sebagai dekam mesjid untuk membuat contoh proposal mesjid. 

lustrasi Mesjid

Di kesempatan ini kami bagikan salah satu contoh proposal rehab mesjid atau mushola, sebagai bahan referensi kedepannya. Karena contoh proposal ini mudah di gunakan hanya tinggal mengedit bagian-bagian tertentu.

Silahkan untuk lebih jelasnya unduh pada link di bawah ini
Download Contoh Proporal Rehab Mesjid

DOWNLOAD
Demikianlah kami bagikan, contoh proposal pembangunan mesjid atau merehab mesjid, semoga saja dengan adanya contoh proposal ini dapat mempermudah pembangunan mesjid atau merehab mesjid dan semua intansi pemerintah setempat dapat memperhatikan mesjid tempat ibadah.

23 March 2016

DOWNLOAD APLIKASI : ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN SEKOLAH GURU DAN KEPALA SEKOLAH

DOWNLOAD APLIKASI ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN SEKOLAH__Berikut ini saya bagikan Administrasi kepegawaian sekolah dalam bentuk aplikasi kepegawaian baik itu guru maupun kepala sekolah guna dalam tatanan karir kenaikan pangkat maka format aplikasi administrasi sekolah dalam pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh rekan-rekan pendidik.

Dibawah ini adalah beberapa Menu yang terdapat Pada aplikasi Admi.kepegawaian sekolah:

  • Peg 1 - Rencana Kebutuhan Pegawai/Guru
  • Peg 2 - Usulan Pengadaan Pegawai / Guru
  • Peg 3a - Usulan Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil ( Cpns ) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  • Peg 3b - Daftar Riwayat Hidup
  • Peg 4 - Usul Kenaikan Gaji
  • Peg 5 - Usul Kenaikan Gaji
  • Peg 6 - Data SKP dan DP 3
  • Peg 8 - Daftar Urut Kepangkatan Pegawai Negeri Sipil ( PNS )
  • Peg 9 - Buku Cuti Pegawai / Guru
  • Peg 10 - Surat Permintaan Berhenti dari Calon Pegawai Negeri Sipil / Pegawai Negeri Sipl dengan Hak Pensiun


  • Peg 11a - Surat Permintaan Pensiun PNS
  • Peg 11b - Daftar Susunan Anggota Kelurarga Pegawai Negeri Sipil
Itulah sebagian dari data menu yang dapat saya tampilkan, namun untuk lebih jelasnya selahkan langsung saja download pada link dibawah ini.


Sumber : gurusd.net

22 March 2016

Download File : Full Aplikasi PSB Microsoft Excel Jenjang SD/SMP/SMA/SMK/MA

Download File : Full Aplikasi PSB Microsoft Excel Jenjang SD/SMP/SMA/SMK/MA_Saya persembahkan kumpulan Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) berbasic Microsoft Excel yang memiliki ke ragaman dan desain yang berbeda dari ketiga aplikasi PSB ini.

Memang Setiap sekolah melakukan PSB bebeda-beda tiap tahunnya atau menjelang berakhirnya ajaran Semester II semuan sekolah melakukan dan menyambut ajaran baru dengan mencari peserta didik baru dengan cara yang berbeda-beda pula.

Dibawah ini adalah gambar 3 rapot yang dapat di unduh di sini.


Sehingga dengan adanya beberapa aplikasi yang dapat di gunakan sebagai alat mempermudah mendata siswa agar tidak melakukan input data siswa 2x. Salah satu adalah dengan aplikasi PSB ini sebagai alat administrasi input data iswa baru.

Bagi rekan guru dan kepalas sekolah baik, SD/MI/SMP/MTS/SMA/MA/SMK bisa menggunakan aplikasi PSB ini. saya sediakan 3 aplikasi dengan jenjang masing-masing sekolah.

Silahkan pilih sesuai dengan sekolah yang di ampu dari aplikasi ini :
Download Aplikasi PSB 
Itulah Aplikasi PSB yang saya bagikan, semoga saja dapat memberikan kemudahan dalam PSB ajaran Tahun ini atau tahun yang akan datang. Jangan lupa untuk dukunganya dengan melike fanspage berkas sekolah.

Download File Guru : Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD/MI Format Microsoft Excel Terbaru Tahun 2016

Download File Guru : Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SD/MI Format Microsoft Excel Tahun 2016_Aplikasi yang di namakan Aplikasi Raport Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 atau yang di singkat ARUMI K-13 dapat memuat siswa 50 nama siswa dalam satu Aplikasi. Aplikasi Raport ini sesuai dengan Permen No.57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Mapel PAI dan Bahasa Arab.

Serta Panduan Teknis Penilaian Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah yang di terbitkan Oleh Kementrian Agama Republik Indonesia Dirjen Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Madrasah tahun 2014, Permendikbud N0.53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah


Teknik dan Pengolahan Nilai sebagai berikut : 

1. KI-1 Aspek Spiritual 
  • Asumsi setiap siswa berprilaku Baik ( B ) 
  • Bila Menonjol Baik dinilai Sangat Baik ( SB ) 
  • Bila Menonjol Kurang Baik dinilai Perlu Pembinaan ( PB ) 
  • Laporan di raport dalam bentuk DESKRIPSI 

2. KI-2 Aspek Sosial 
  • Asumsi setiap siswa berprilaku Baik ( B ) 
  • Bila Menonjol Baik dinilai Sangat Baik ( SB ) 
  • Bila Menonjol Kurang Baik dinilai Perlu Pembinaan ( PB ) 
  • Laporan di raport dalam bentuk DESKRIPSI 
3. KI-3 Aspek Pengetahuan 
  •  Menggunakan angka dengan rentang 0 - 100 dan Deskripsi 
  • Penilaian Harian ( PH ) : 
  • 1 PH menggunakan 3 teknik yaitu Tes Tertulis, Lesan atau Penugasan 
  • 2 PH secara Tes Tertulis dilakukan minimal satu kali per satu tema 
  • c. Penilaian Tengah Semester ( PTS ) : 
  • c.1 PTS dilaksanakan setelah selesai separuh dari jumlah tema dalam 1 semester atau 8 - 9 minggu efektif. 
  • c.2 PTS berbentuk Tes Tertulis 
  • c.3 Jadwal PTS 

Untuk lebih jelasnya tentang Contoh Aplikasi Raport Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 silahkan download contoh file nya di bawah ini:

Sumber; Berbagifileguru.blogspot.com

Kabar UKG 2016 : Pada Bulan April 2016 UKG Akan di Adakan Secara Serentak

Asalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia..

Mari Kits simak informasi terbaru dan sangat penting seputar UKG 2016 berikut ini..

Guru bakal mendapatkan hukuman jika tidak lulus Ujian Kompetensi Guru (UKG) setelah beberapa kali mengikuti pelatihan. Lebih dari 90 persen Guru di Indonesia pada tahun 2015 mengikuti Uji Kompetensi Guru UKG dengan nilai rata rata Pedagogik 52,37, dan nilai rata rata Profesional Guru mencapai 58,55.

“Dirjen Guru dan Tenaga Kemendidikan akan menggelar Pelatihan paska UKG pada April 2016,” ungkap Direktur Pembinaan SMA Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud RI, Purwadi Sutanto pada Seminar Internasional di Aula Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Rabu (2/3).

Untuk itu, kata Purwadi, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan segera menggelar Pelatihan sebagai tindak lanjut UKG, secara serentak pada April 2016.

Pada Seminar dengan Topik Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Pasca Uji Kompetensi Guru Melalui Implementasi Digital Class dan Lesson Study Purwadi Sutanto, mengatakan, pada UKG berikutnya setelah pelatihan Guru diharapkan mampu meraih nilai lebih dari 65, meski sebelum diberikan hukuman masih ada kesempatan untuk memperbaiki kembali.

Purwadi mengatakan, ketidaktercapaian nilai tersebut, bukan disebabkan Guru tidak mampu tetapi tidak mau, karena motivasi pengembangan diri dan peningkatan kompetensi harus berasal dari diri sendiri.

Sumber : ( http://www.timlo.net/ )

Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan...

semoga bermanfaat untuk kita semua.

21 March 2016

Mozaik Islam : Emat Amal Yang Harus Di Ketahui Umat Islam Untuk Mendatangkan Rezeki

Rezeki memang tidak hanya berupa materi dan uang saja. Tapi juga bisa dalam bentuk lain yang mampu mendatangkan kebahagiaan. Namun umumnya manusia bekerja setiap hari untuk mendapatkan uang.

Jumlah rezeki masing-masing orang berbeda setiap bulannya. Para pekerja biasanya sudah memiliki takaran berapa jumlah materi yang akan didapatkan setiap bulan. Pendapatan ini lah yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun tahukah anda bahwa ternyata ada rezeki yang datangnya dadakan dan tidak disangka-sangka? Caranya adalah dengan melakukan amalan-amalan yang mudah dilakukan berikut ini. 


  1. Perbanyak Syukur

Bersyukur merupakan cara untuk mendapatkan lebih. Matematika Allah SWT sangat berbeda dengan matematika yang digunakan manusia. Lihat saja, bagaimana Allah sangat mudah memberikan lebih kepada mereka yang bersyukur. Ada saja jalan rezeki bagi mereka yang tidak mengeluh, meski dalam kondisi yang terbatas dan kekurangan.

Bukankah hal ini juga sudah dijanjikan dalam Allah SWT dalam Alquran, bahwa siapa yang bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmat-Nya. Namun mereka yang mendustakan, maka akan mendapat azab yang pedih.

“(Ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kalian bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”. QS. Ibrahim: 7.


  1. 2. Bersedekah

Bersedekah adalah memberikan sebagian yang kita miliki kepada orang lain. Allah SWT menjanjikan ganti yang pasti kepada mereka yang bersedekah untuk orang lain. Baik sedekah materi maupun sedekah dalam bentuk lain. Allah menjelaskan hal ini dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 261 yang artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir berisi seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (Al-Baqarah:261).

Jadi, meski bersedekah pada awalnya dapat mengurangi harta yang kita miliki, namun selanjutnya, Allah SWT akan mengganti dengan berlipat ganda. Akan tetapi, dalam bersedekah sebaiknya kita berharap ganti untuk akhirat dibanding mengharap balasan di dunia. Terlebih jika saat bersedekah kita hanya berharap balasan harta, dan bukan ridha dari Allah SWT.


  1. 3. Banyak Beristigfar

Istigfar juga menjadi salah satu amalan penjemput rezeki. Terkadang dosa-dosa yang kita lakukan akan menutup pintu rezeki dalam diri. Sehingga meski sudah berusaha semaksimal mungkin, namun tetap saja rezeki yang diinginkan tidak kunjung didapatkan.

Istigfar merupakan dzikir yang maknanya memohon ampun atas dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Imam Al-Hasan Al-Bashri juga menganjurkan agar manusia beristighfar jika mengalami kegersangan, kefakiran, sedikitnya keturunan dan kekeringan kebun-kebun. Jadi perbanyaklah istigfar jika rezeki tidak kunjung hadir.

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepadaNya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan, dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari Kiamat”. (Hud : 3)


  1. 4. Membaca Surat Al Waqiah

Surah Al Waqiah juga dikenal sebagai surat pendatang kekayaan. Surat ke-56 ini berisi kandungan iman dan tauhid, bukti kekuasaan Allah SWT serta adanya hari kebangkitan.

“Ajarkanlah Surat Al Waqiah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Semoga dengan amalan-amalan ini, Allah SWT akan mendatangkan rezeki secara mendadak kepada hamba-hambaNya.

Silahkan apabila ingin melihat informasi yang lain dari Mozaik Islam Klik Disini

Sumber : (pelangimuslim.com)

20 March 2016

Info K13 : Ajaran 2016/2017 Kurikulum 2013 Siap Di Gelar Secara Seretak (Nasional)

Selamat datang di web infotutorial membawa kabar tentang ajaran kurikulum 2013_Menteri Pendi‎dikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan, pemerintahan Jokowi-JK akan meneruskan hal-hal yang dipandang baik, salah satunya kurikulum tahun 2013 (K-13). Dia pun membantah akan mengganti nama K-13 menjadi kurikulum nasional.

"Jadi bukan ganti menteri, ganti kurikulum. Namanya tetap K-13, hanya saja penerapannya sebagai kurikulum nasional," tegas Anies, Minggu (20/3). Dia menambahkan, K-13 telah melalui berbagai penyempurnaan yang fokusnya pada kualitas pembelajaran di sekolah.

Di sisi lain, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Totok Suprayitno mengungkapkan, perbaikan K-13 meliputi ‎peningkatkan koherensi, menyederhanakan proses penilaian (yang lalu terjadi kompleksitas penilaian), tidak ada pembatasan proses berpikir siswa, proses pembelajarannya langsung dan tak langsung.

"Jadi dalam K-13 sistem pembelajaran dan penilaiannya dibuat lebih sederhana. Kalau sebelumnya guru-guru mengeluhkan prosesnya pembelanjaran dan penilaiannya yang ribet kini tidak lagi," terang Totok. (



Kurikulum 2013 resmi diberlakukan secara nasional mulai Juli mendatang. Pemerintah optimistis, seluruh sekolah yang menerapkan K-13 akan mudah mengimplementasikannya karena metodenya lebih sederhana dan ringkas.

“Kalau‎ sebelumnya penilaiannya double. Siswa juga dibatasi proses berpikirnya. Misalnya SD hanya sebatas pemahaman, SMP analisa, dan SMA mencipta. Sekarang SD bisa menciptakan sesuatu karena materinya kita satukan, tidak dipenggal-penggal lagi," kata ‎Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno, Minggu (20/3).

Dia mengungkapkan, mulai Juli, penilaian ganda tidak diberlakukan lagi. Sebagai contoh penilaian spiritual, yang sebelumnya juga diwajibkan bagi guru Matematika dan Bahasa‎, kini tidak lagi. Penilaian spiritual diserahkan kepada guru Agama dan PPKN. Itupun penilaiannya secara deskreptif dan tidak berupa angka.

“Guru Matemati‎ka bisa memberikan penilaian spiritual misalnya ketika melihat siswanya nyontek. Guru berhak memberikan pengetahuan spiritual dan menilai. Penilaian itu kemudian diserahkan kepada guru Agama dan PPKN," terangnya.

Cara ini menurut Totok, akan mengurangi beban guru Matematika dan Bahasa karena tidak harus memperhatikan detik anak didiknya.

“Penilaian spiritual kami kembalikan ke titahnya. K-13 juga mengedepankan pembelajaran aktif, jadi tidak hanya pemaparan slide saja. Antara guru dan murid saling interaktif,” katanya.

(esy/jpnn)

File Sekolah : Download Contoh Dokumen 1 Untuk Kurikulum 2013 Program Kepala Sekolah

File Sekolah : Download Contoh Dokumen 1 Untuk Kurikulum 2013 Program Kepala Sekolah__Berikut Ini saya bagikan Contoh Dokumen 1 pada K13/Kurtilas kami bagikan secara lengkap pada program kerja sekolah/rencana kerja sekolah pada bidang kurikulum, jika kita ketahui dokumen 2 berupa rpp, silabus, prota dan promes kurikulum 2013 nah pada format contoh dokumen 1 Kurikulum 2013 menyangkut rencana kerja/RKS pada bidang Kurikulum untuk mengatur segala jenis ketentuan yang dimiliki sekolah.

Program Kerja Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan TK/SD/SMP/SMA . Sesuai dengan pengertian tersebut, Program Kerja Kurikulum 2016/2017 berisi seperangkat rencana dan pengaturan tentang program yang dibakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan TK/SD/SMP/SMA

Program Kerja Sekolah Atau Dokumen Satu Kurikulum 2013

Simak Juga : Label Kurikulum 2013

Penyusunan Program Kerja Bidang Kurikulum merupakan upaya penting dan sangat strategis, sebab bidang kurikulum secara langsung terkait dengan proses pendidikan ( pembelajaran ) sebagai bagian terpenting dari keberadaan suatu sekolah. Maksud disusunnya Program Kerja ini adalah diharapkan dapat bermanfaat antara lain sebagai berikut :
  1. Memberikan arah yang jelas dalam usaha mempersiapkan dan menyelenggarakan proses pembelajaran;
  2. Mengkondisikan personal yang bertugas sebagai tenaga guru maupun pembantu pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan ;
  3. Memberikan kemudahan dalam mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran ;
  4. Dapat menjadi pedoman kerja dalam usaha mempersiapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah ;
  5. Merupakan dokumen penting yang menjadi acuan, rujukan, tolok ukur atau pegangan dalam upaya penyelenggaraan proses pembelajaran.


Sekian dan terimkasih semoga bermanfaat...
Catatan : Bila kesusahan baca dlu cara downloadnya...

19 March 2016

Info Tips : Google Mesin Pencari Internet Kiddle Aman Bagi Anak-anak

Mesin Pencari Internet Kiddle Aman Bagi Anak-anak __Banyak orangtua khawatir dengan membiarkan anak-anak memiliki gadget sendiri dan menggunakan mesin pencari di internet.

Ada laman Kiddle yang dibuat khusus untuk mesin pencarian bagi anak-anak. Kiddle sudah memblok banyak tema pencarian yang tidak sesuai dengan anak.

Kiddles terdaftar sejak 2014, dan didukung keamanannya oleh Google Safe Search. Kiddle sudah memblok sejumlah situs seperti lesbian, gay yang telah membuat marah kampanye dari grup Stonewall

Pengelola Kiddle memastikan pencarian internet ini dipilih dan diawasi sepenuhnya oleh semua editornya. Memilih tema yang diblok. Kiddle bermula dari tes sebuah blog warga Rusia bernama Freaking News.

Laman blog itu mengajak pemakai internet menambahkan kata kunci untuk tema yang diblok dalam pencarian. Seperti Lesbian, gay, biseksual and transgender.

“Anak-anak muda biasanya menggunakan internet untuk mencari informasi seputar LGBT,” ujar aktivis Stonewall seperti.

Menurut aktivis tersebut, mencoba menghentikan orang-orang muda menemukan konten yang aman dan sesuai ini akan memaksa banyak lesbian muda, gay, biseksual dan transgender untuk mencari tempat lain.

Pengelola Kiddle mengatakan pada BBC bahwa telah menerima keluhan dari orangt tua dan guru terkait itu. Pasalnya, komunitas LGBT memiliki forum sendiri .


“Sebagian besar situs LGBT memiliki forum dan user untuk kontennya sendiri. Bahkan satu gambar seorang pria setengah telanjang diposting sebagai avatar di laman tersebut . Karena itu orang tua memilih berpaling,” ujar pengelola Kiddle.

Kiddle menyatakan, telah memblokir pencarian dengan kata kunci “pendidikan seks” karena ada banyak situs yang muncul dengan kata tersebut.

Silahkan untuk mencoba mesin telusur yang satu ini bernama kiddle.com ini bisa di masuk disini

“Apa yang baik bagi anak 12 tahun mungkin tidak anak untuk anak lima tahun. Hasil Kiddle yang baik dipilih dan diperiksa oleh editor atau disaring oleh Google Safe Search. Dalam beberapa kasus kata-kata buruk di permintaan pencarian, penjaga robot kami akan memblokirnya,” tanddasnya.

[Yus]

Harus di Coba Aplikasi Chating Terbaru Dari Cola Tanpa Harus Ketik Pesan Panjang

TERLALU sering chatting kadang dapat membuat jari jemari lelah. Kini, Anda tak perlu kelelahan lagi karena mengetik pesan yang cukup panjang. Sebab, baru-baru ini ada sebuah aplikasi berbagi pesan bernama Cola yang dapat mempersingkat waktu chatting Anda.



Cola, pada dasarnya mengedepankan prinsip kenyamanan dalam aktifitas berbagi pesan satu sama lain. Aplikasi tersebut memiliki sebuah fitur interaktif bernama Cola Bubbles yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mempersingkat pesan dengan meminimalisir penggunaan kata.


Sebab, Cola Bubble merupakan fitur dimana pengguna dapat memberikan balasan tanpa harus menyentuh papan keyboard. Bubble dapat digunakan untuk membuat janji, berbagai lokasi, foto, video, hingga membuat polling ataupun to-do-list.


Dengan begitu, ketika pengguna memilih Bubbles “Where Are You Now?”, maka pengguna lain dapat merespon pertanyaan tersebut dengan membagikan lokasi melalui peta yang ada.


Sama halnya pula jika memilih Bubble lain yakni “When Can We Meet?”, maka pengguna juga dapat membuat pilihan jadwal pertemuan dengan memilih melalui kalender yang ada di Bubble tersebut.


”Dengan Bubble yang interaktif dapat memudahkan pembicaraan dengan meminimalisir kata, hal itu tentunya dapat mempermudah hidupmu,” ujar CEO Cola David Temkin.

(sis/mas'jpnn)

Info Aplikasi : Download Buku Saku ASN Versi Smartphone Android Gratis

Info Aplikasi : Download Buku Saku ASN Versi Android Gratis__Buku Saku ASN ini dibuat oleh Kemenpan-RB untuk seluruh PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia termasuk guru. Buku Digital ini disusun seperti komik bergambar berserta tulisan sehingga lebih menarik dibaca dan mudah untuk dipahami.


MenpanRB mengharapkan agar bacaan gaul ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan para pegawai pemerintah tentang reformasi birokrasi di negara kita. Hal ini merupakan penjabaran poin kedua dari Nawacita yang berbunyi “Membuat pemerintah selalu hadir dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya”.

Dalam buku saku ASN dijamin anda akan seneng membacanya karena penyajian materinya jauh dari kesan formal/kaku, kekinian dengan bahasa pergaulan sehari-hari, gaya komik dan kreatif banget deh. Disarankan anda selalu membukanya setiap waktu di HP Android agar bisa dibawa kemanapun supaya bisa melaksanakan tugas sebagai ASN dengan baik.

Buku Saku ASN ini isinya meliputi delapan area perubahan reformasi birokrasi, yakni:
  • 1. Mental Aparatur /ASN
  •  Kelembagaan
  • Tata Laksana
  • SDM Aparatur
  • Akuntabilitas
  • Pengawasan
  • Peraturan Perundang-undangan
  • Pelayanan Publik

INFORMASI TAMBAHAN

Diperbarui 9 Maret 2016

Ukuran 15M

Versi Saat Ini 1.2

Perlu Android versi 4.0.3 dan lebih tinggi

Silahkan untuk Mencoba Aplikasi ASN Versi Android Smartphone masuk kehalaman google play Klik Disini

Pengembang

Kunjungi situs web

Email: aiyayahs@gmail.com

Sumber : Tipsdani.com

BANTUAN PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK S-2 BAGI GURU PENDIDIKAN DASAR TAHUN 2016

BANTUAN PENINGKATAN KUALIFIKASI AKADEMIK S-2   BAGI GURU PENDIDIKAN DASAR TAHUN 2016 __Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan bantuan peningkatan kualifikasi akademik S-2 bagi guru pendidikan dasar yang bertugas di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) 



A. Persyaratan 

  1. Guru dikdas yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau guru tetap yayasan. 
  2. Berusia maksimal 37 tahun pada saat penutupan pendaftaran yang dibuktikan dengan fotocopy kartu tanda penduduk. 
  3. Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang relevan dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 
  4.  IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang. 
  5. Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang. 
  6. Memperoleh izin untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi akademik S-2, dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang. 
  7. Sanggup dan bersedia mengikuti studi di PTP yang ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud, yakni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai. 
B. Calon Peserta 

Pendaftaran calon peserta dilakukan sebagai berikut : 
  1. Guru dikdas yang berminat mengirimkan berkas pendaftaran ke Direktorat Pembinaan Guru Dikdas dengan melampirkan surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. 
  2. Berkas administrasi yang harus disertakan dalam pendaftaran sebagai berikut. 
  • Surat permohonan bantuan peningkatan kualifikasi akademik S-2 (diketahui atasan langsung dan dinas pendidikan kabupaten/kota) kepada Direktur Pembinaan Guru Dikdas. 
  • Surat pernyataan kesanggupan studi S-2 di Perguruan Tinggi Penyelenggara, yakni: Unesa, UM, UNY, dan UPI.
  • Surat keterangan sehat dari dokter. 
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Pas poto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
  • Daftar riwayat hidup.
  • Fotocopy ijazah yang telah dilegalisasi (dengan cap basah).
  • Fotocopy KTP.
  • Fotocopy NPWP.
  • Fotocopy SK pengangkatan pertama.
Alamat pengiriman berkas :
Subdit PKPKK Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Kompleks Kemdikbud Gedung D Lantai 15, Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta. Telp./Faks (021) 57974130. 
Pada pojok kanan atas amplop pengajuan berkas ditulis 
“BEASISWA S-2” 
BERKAS PENDAFTARAN DITERIMA PANITIA PENYELENGGARA PALING LAMBAT 25 MARET 2016 (STEMPEL POS), MELEWATI BATAS WAKTU YANG TELAH DITETAPKAN TIDAK DIIKUTSERTAKAN DALAM PROSES SELEKSI SELANJUTNYA 

Sumber : Kemendikbud

Untuk lebih jelasnya silahkan di dowlnoad Suratnya di sini


Kabar Laporan Pajak : Batas Akhir Pelaporan SPT Dan Cara Menggunakan E-Filing

Kabar Laporan Pajak : Batas Akhir Pelaporan SPT Dan Cara Menggunakan E-Filing__Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan terus menerima layanan pelaporan dan penyerahan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi maupun Badan Usaha sampai batas waktu yang telah ditentukan. Bagi Orang Pribadi, tenggat waktu pelaporan pajak hingga 31 Maret 2016.

"Batas akhir pelaporan SPT pajak untuk Orang Pribadi 31 Maret 2016 dan Badan Usaha sampai 31 April 2016," ucap Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP, Mekar Satria Utama saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (18/3/2016).


Lebih jauh dijelaskannya, DJP pernah memperpanjang batas waktu penyampaian SPT pajak di tahun sebelumnya. Namun itu diakui Mekar hanya untuk penggunaan fasilitas e-Filing, pelaporan pajak secara online.

"Saat itu kita perpanjang waktunya karena mau sosialisasi e-Filing, jadi yang belum menggunakan diberi kesempatan. Kalau tahun ini kita lihat perkembangannya dulu, karena belum ada keputusan final," terangnya. 

Ketika ditanyakan mengenai penambahan jam pelayanan, Mekar pun belum dapat memberikan jawaban pasti karena masih harus berkoordinasi dengan unit terkait. "Saya belum bisa pastikan apakah ada penambahan jam layanan," ucapnya.

Unduh File FormtAplikasi SPT Pajak Disini

DJP saat ini tengah memacu penggunaan e-Filing dengan target mencapai 7 juta sampai akhir 2016. Mekar mengatakan, Wajib Pajak yang sudah melapor SPT lewat e-Filing telah tercatat sebanyak 1,2 juta pengguna sampai dengan kemarin (17/3/2016). 

"Memang bergerak lamban, tapi mulai kemarin saja per harinya SPT lewat e-Filing yang masuk 200 ribu. Sebelumnya berkisar 70 ribu-80 ribu per hari. Tapi kami yakin bisa mencapai target 7 juta karena PNS wajib pakai e-Filing, lalu kami merambah yang punya nasabah banyak seperti BPJS, dan lainnya," jelas Mekar.

Dengan e-Filing, Wajib Pajak mendapatkan kemudahan karena tidak perlu antre di Kantor Pelayanan Pajak atau mencari dropbox untuk menyampaikan SPT. Bagi Ditjen Pajak, penggunaan e-Filing mengurangi beban administrasi untuk menerima dan menyimpan SPT fisik.

Bagaimana caranya menggunakan e-Filing:

Langkah pertama adalah mendapatkan nomor identifikasi yang dikenal dengan sebutan Electronic Filing Identification Number (EFIN). - Untuk mendapatkan EFIN, Wajib Pajak perlu mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dan menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pastikan untuk menyimpan EFIN yang telah diperoleh tersebut.

Setelah memperoleh EFIN, Wajib Pajak melakukan pendaftaran online di alamat https://djponline.pajak.go.id/registrasi yang dapat dilakukan di mana saja melalui komputer atau perangkat lain yang memiliki koneksi internet. Ikuti petunjuk di situs tersebut.

Setelah melakukan aktivasi dan membuat password untuk akun e-Filing, Wajib Pajak dapat melakukan login di alamat https://djponline.pajak.go.id/account/login. Pastikan untuk menyimpan password secara aman.

Silahkan Masuk untuk pendaftaran online DJP Online : Disini

Pilih layanan e-Filing dan ikuti petunjuk langkah demi langkah pengisian SPT online.
Apabila seluruh bagian SPT online sudah diisi dengan benar maka Wajib Pajak tinggal memilih tombol “Kirim SPT” dan seluruh proses pelaporan SPT sudah selesai.

Sistem e-Filing secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan ke email Wajib Pajak. Simpan email Bukti Penerimaan Elektronik tersebut sebagai bukti lapor SPT.

Apabila Wajib Pajak menemui kesulitan atau membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai tata cara dan peraturan perpajakan, dapat menghubungi Kring Pajak di 1500 200 atau datang ke KPP atau KP2KP terdekat. Seluruh pelayanan yang diberikan tidak dipungut biaya.

Sumber : Liputan6.com

Aplikasi Baru : Aplikasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) Untuk Segala Jenis Pembangunan Gedung

Aplikasi Baru : Aplikasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bangunan Gedung __Sekolah adalah rumah ke 2 bagi siswa dan guru. sekolah layaknya seperti rumah sendiri harus di jaga dan di rawat. Karena sekolah merupakan sarana temapt untuk mencari ilmu sebagai modal awal perjalanan untuk menuju hidup yang penuh dengan tantangan.

Sekolah layaknya seperti rumah harus diperhatikan setiap saat, waktu agar sekolah terlihat rapih dan kokoh bangunanya. Memang tidak mudah suatu lembaga seperti sekolah ini, agar tetap rapih, indah, serta memiliki pondasi bangunan yang kuat dalam jangka waktu yang lama.


Lalu bagaiman, jika sekolah yang yang baru di bangun ini agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar, baik keuangan, tukang, dan juga beban biaya belanja kebutuhan untuk membangaun. Catatan atau bukti suatu pembelian memang harus di teliti dan di catat pada buku RAB ( Rencana Anggaran Biaya)


Untuk itulah, kami memberikan kemudahan untuk lembaga pendidikan yang akan membagun sekolah dan memerlukan pencatatan yang akurat dan jelas. Kami bagikan aplikasi RAB ini untuk siapa saja yang memerlukannya.

Untuk lebih memahami akan fungsi aplikasi ini lebih jelas lagi, silahkan di dowlnoad link dibawah ini.

17 March 2016

Aplikasi Sekolah : Download Aplikasi Rapot K13 Versi Kemdikbud

Aplikasi Sekolah : Download Aplikasi Rapot K13 Versi Kemdikbud - - Aplikasi ini dapat digunakan oleh sekolah untuk melakukan penilaian terhadap siswa. pada Kurikulum 2013 yang resmi disediakan Direktorat Pembinaan Sekolah dasar/Ditjen SD Kemdikbud dan jelasnya program aplikasi resmi dari kemdikbud ini terhubung dengan Dapodikdas Aplikasi Raport K13 Kemdikbud SD, SMP, SMA dan SMK

Aplikasi ini terhubung dengan dapodik sekolah, oleh karena itu, hanya bisa dipasang pada komputer yang memiliki dapodik sekolah. Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar danindikator yang di organisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.

Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensidasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru. Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran.


Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidakdiperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.

Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran : 

Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untukindikator pada tiap kompetensi dasar.

  • Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensidasar.
  • Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positifdan negatif untuk tiap siswa.
  • Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuaibutir 4.

Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahuludengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan(ptk), rombel dan siswa.

License:

  1. Aplikasi ini adalah aplikasi tidak berbayar untuk sekolah. 
  2. Tidak diperkenankan melakukan reverse engineering, perubahan kode sumber, pemaketan ulang, pada keseluruhan komponen aplikasi ini. 
  3. Tidak diperkenankan menyebar luaskan data data yang di simpan ataupun digunakan oleh aplikasi ini ke luar sekolah yang bersangkutan. 
  4. Penggunaan dan pemanfaatan aplikasi ini tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia dan Internasional File Author: Direktorat Pembinaan SD Submitted On: 11 Dec 2014

User dan password default dari aplikasi ini adalah nomor nuptk dari guru sekolah.
Setelah berhasil login, harap segera mengganti password sesuai buku panduan.
Sebelum bisa digunakan, aplikasi harus pertama kali di sinkronisasi dengan dapodik melalui menu Tools | Sinkronisasi , klik tombol sinkronisasi semua.

Aplikasi dapat di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id

File Guru : Download Perangkat Bahasa Jawa Jenjang SD/MI Terbaru

File Guru : Download Perangkat Bahasa Jawa Jenjang SD/MI Terbaru_Perangkat pembelajaran kali ini yang saya bagikan adalah perangkat untuk bahasa Jawa jenjang SD/MI. Dengan adanya perangkat pembelajaran bahasa jawa untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar kedepannya.

Berikut ini saya bagikan perangkat Bahasa jawa yang bisa digunakan untuk media pembelajaran bersama anak didik.


Silahkan di download pada link dibawah ini yang sudah saya sediakan.

Download File Guru Bahasa Jawa.
Terimakasih semoga bermanfaat...salam pendidikan indonesia

Info Honorer : Sekitar 20 Lebih Honorer Di Pecat, Dan 21 PNS Akan Diberi Sanksi Atas Permintaan Gubernur Ganteng Ini

Selamat siang dan selamat datang kembali di web infotutorial--kesempatan ini saya membagikan informasi terkait dengan seorang gubernur yang usianya masih muda dan menjadi buah bibir di publik dan media sosial. Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Fauzi Syam menyatakan, SK pemberhentian 20 tenaga honorer telah dikeluarkan Dispenda.

Kadispenda telah menyampaikan kepada dirinya bahwa keputusan mengeluarka SK merupakan tindak lanjut perintah Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli. 

“Tadi saya mengkonfirmasi melalui telephone ke Kadispenda, beliau menyatakan telah memberhentikan tenaga kontrak yang ada di Samsat sesuai dengan arahan Gubernur Jambi,” kata Fauzi Syam.

Sesuai arahan gubernur ganteng itu, 21 PNS di Samsat juga dijatuhkan sanksi yang kesalahan yang telah dilakukan.

“Sanksi pasti kita berikan, karena ini arahan Gubernur Jambi. Kita lihat data kebelakang yang mereka miliki. Baru kita berikan sanksi yang tepat sesuai dengan tingkat keselahannya,” ujarnya. 

Jumlah honorer di Samsat, 36 orang. Dipecat 20 orang, kini, tinggal 16 orang ditambah 35 orang PNS untuk melayani masyarakat Kota Jambi.

Baca Juga : Tawaran Menteri Yuddy Untuk Honorer

“Jika memang kurang nanti kita sampaikan surat minta bantuan tenaga yang memang dibutuhkan, “ pungkasnya. 

Pemecatan 20 honorer dan sanksi untuk 21 PNS di Samsat setempat, merupakan buntut sidak Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli ke Kantor Samsat Jelutung Kota Jambi pada 11 Maret lalu.

Saat itu, gubernur menemukan fakta banyak pegawai tidak ngantor. Bahkan, dia menemukan ada seorang pegawai Samsat yang melakukan pungutan liar kepada masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan. Gubernur langsung marah.

Untuk Melihat informasi Kabar yang lainnya bisa diklik disini atau di sini

“Saya sangat kecewa sekali. Honorer saya pecat semua!. Kalau tidak sanggup bekerja PNS-nya lebih baik mundur,” tegas Zola sambil berbicara di depan sejumlah pimpinan Samsat.

sumber Link : Jpnn.com

16 March 2016

Info Kurikulum 2013 : Inilah Cara Pendaftaran Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2016

Info Kurikulum 2013 : Inilah Cara Pendaftaran Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2016_Berkenaan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 yang dilaksanakan tahun 2016, sesuai arahan dari Kepala BPSDMP dan PMP,PPPPTK Matematika akan melakukan rekruitmen terbuka untuk Instruktur Nasional Kurikulum 2013 bagi Guru SMA/K, Instruktur Kepala Sekolah, dan Instruktur Pengawas Sekolah. (Peta kebutuhan Instruktur Nasional terlampir).

Adapun persyaratan untuk menjadi Instruktur Nasional Kurikulum 2013 tersebut diatas sebagai berikut:

1. Persyaratan Umum
  • Warga Negara Republik Indonesia baik PNS dan non-PNS
  • Sehat raga dan jiwa
  • Bersedia mengikuti pelatihan instruktur
  • Bersedia menjadi instruktur yang ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia
  • Bersedia melatih guru sasaran selama selama 4 hari per angkatan dalam periode waktu akhir Maret s.d. Juli 2016
2. Persyaratan Khusus
  • Tim pengembang kurikulum terdiri diri:
  • Penulis KI, KD, Silabus, dan pedoman tematik/mapel
  • Penulis pedoman penilaian
  • Penulis buku teks tematik/pelajaran; atau
Praktisi Pendidikan terdiri dari:
  • Guru
  • Kepala sekolah
  • Pengawas
  • Pegiat pendidikan; atau
Akademisi terdiri dari:
  • Dosen LPTK
  • Widyaiswara P4TK
  • Widyaiswara LPMP; atau
Mekanisme pendaftaran sebagai berikut:

Pelamar wajib memiliki alamat surat elektronik (email) yang aktif


Pelamar melakukan pendaftaran/registrasi secara online meliputi:
  • Mengisi formulir pendaftaran, Klik ==> Form Daftar Instruktur K13
  • Menyetujui pernyataan integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar
  • Mencetak Formulir Pendaftaran; dan
  • Mencetak lembar Alamat Pengiriman Dokumen.

Sumber : Wancana siap.id

Aplikasi Microsoft Excel : Praktis Membuat Stempel Otomatis Sekolah Dan Umum

Kalau kita membuat stempel melalui Photoshop dan CorelDraw tentunya sudah sangat sering mencobanya. Namun tidak semua orang paham menggunakan software Photoshop maupun CorelDraw dalam membuat desain seperti stempel. Tetapi tidak ada salahnya bapak/ibu untuk mencoba membuat stempel secara otomatis dan mudah hanya dengan aplikasi Excel. Aplikasi cetak stempel ini telah didesain secara otomatis dalam membuat stempel dengan baik.


Jika bapak/ibu tertarik untuk mencoba membuat stempel otomatis menggunakan excel tidak ada salahnya. Silahkan download di bawah ini aplikasinya:

Download di bawah ini:


Demikian aplikasi cetak stempel otomatis menggunakan Excel, semoga bermanfaat.