31 January 2016

Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016

Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016

Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 - Kalu form data emis sudah dirilis oleh bagian perencana sistem informasi pendis itu artinya sebentar lagi waktunya upload data emis semester genap tahun 2015-2016. Apakah anda sudah tahu jadwal upload emis semester genap tahun 2015/2016 di kabupaten/kota anda.

Anda harus tahu atau bahkan memiliki jadwal upload emis ini agar anda tidak ketinggalan dalam melakukan upload.

Jadwal ini dirilis oleh dirjen pendis bersamaan dengan form data emis yang kemarin juga sudah saya postingkan. Bagi yang belum memiliki form excel data emis semester genap tahun 2015/2016 silahkan doownload disini : Download Form Excel Data EMIS Semester Genap Tahun 2015/2016.
Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 ini adalah jadwal untuk madrasah seluruh diseluruh indonesia.

Upload EMIS Semester Genap tahun pelajaran 2015-2016 dimulai pada tanggal 08 Februari 2016, yaitu oleh propinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.
Untuk kota/kabupaten detailnya bisa anda lihat sendiri nanti di jadwal lengkapnya.
Sementara itu untuk masa berakhir upload emis semester genap Tahun 2015-2016 yaitu pada tanggal 05 Maret 2016.

Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016
Bagi yang kebagian jadwal lebih awal upload yaitu tanggal 08 Februari 2016 saya saranka agar segera mengerjaknya mulai saat ini. Agar ketika waktunya aplikasi dekstop emis semester genap tahun 2015-2016 rilis anda sudah siap semuanya tinggal melakukan back up. lalu tinggal nunggu sistem emis online dibuka.

Untuk semester dua ini dirjen pendis bagian sistem informasi menyarankan agar dalam mengerjakan form data emis excel harus berhati-hati agar data yang masuk benar-benar valid. Semester lalu banyak data yang tidak valid, banyak data yang acak-acakan, terlebih lagi banyak sekali data yang tidak masuk dan terbaca oleh sistem. Padahal melalui emis inilah akan digunakan sebagai dasar penentu pengambilan kebijakan dalam menyalurkan bantuan-bantuan operasional. Seperti Dana BOS, bantuan sarana prasarana, bantuan pembangunan gedung bahkan dari data emis inilah nantinya akan digunakan untuk mengambil DNS (Daftar Nominasi Sementara) Peserta Ujian Nasional.

Maka dari itu sudah semestinya para operator madrasah benar-benar berjuang dalam hal data emis ini. Jangan mengeluh kita harus yakin bahwa didunia ini tidak ada yang sia-sia. Allah menciptakan/membuat sesuatu keadaan entah itu terjadi pada anda, alam, hewan, tumbuhan semua pasti ada maksud dan tujuanya. Dan kita harus yakin pada akhirnya keindahanlah tujuan tersebut. Rabbana ma khalaqta hadza bathila.
Baik langsung saja daripada ngelantur sana sini download saja langsung Jadwal Upload EMIS Semester Genap Tahun 2015-2016 dibawah ini :


Demikianlah yang kami bagikan semoga bermanfaat.

30 January 2016

Aplikasi Excel Untuk Mengolah Nilai Try Out Tahun 2016

Selamat datamg sahabat infotutorial--untuk mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional, maka setiap sekolah harus melaksanakan Try Out. Demi memudahakan pengolaan nilai hasil try Out ini kami memberikan aplikasi berbasis Excel.

Aplikasi Analisis Try Out Ujian Sekolah ini bisa Bapak/Ibu gunakan agar dapat memperoleh informasi latar belakang nilai yang didapat siswa serta faktor penyebab mengapa nilai siswa-siswa kita bisa kurang, pada bagian butir soal nomor berapa yang secara klasikal pada nomor tersebut persentasi yang menjadikan acuan, mudah atau sulitnya soal bagi siswa kita akan diketahui pada aplikasi berikut.

Layaknya aplikasi lainya, aplikasi ini juga melakukan penghitungan secara otomatis sebagai analisa data kerumitan soal pada tiap nomornya, kelebihan lainnya data perindividu, rekapitulasi dan grafik akan tersaji secara otomatis dari aplikasi try out ujian sekolah yang berbassis excel ini.

Silahkan di download untuk mempermudah dan mempeercepat pengolahan nilai Try out ini, Link download ada di bawah.

DOWNLOAD APLIKASI ANALISIS TRY OUT UJIAN SEKOLAH SD/MI

Link Alternatif : Download Aplikasi TryOut 2016

Update Enam poin penting tentang pemutakhiran Dapodikdasmen Tahun 2016


Berdasarkan informasi resmi yang admin rilis dari laman Ditjen Dikdasmen bahwasannya dalam rangka meningkatkan layanan sistem pendataan di satuan pendidikan dasar dan menengah pada semester II tahun pelajaran 2015/2016, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengeluarkan beberapa informasi penting seputar Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen).

Informasi penting itu termuat dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, bernomor 314/D/TI/2016, tertanggal 15 Januari 2016, tentang Pemutakhiran Data Dapodik.

Dalam surat yang ditandatangani Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, itu ada enam poin penting tentang pemutakhiran Dapodikdasmen.
  1. Pemutakhiran Dapodik satuan pendidikan tahun pelajaran 2015/2016 pada semester II, menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 4.1.0 untuk jenjang SD, SMP dan SLB, dan Versi 8.3.0 untuk jenjang SMA dan SMK. Aplikasi Dapodik Versi 4.1.0 dapat diakses di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, sementara Aplikasi Dapodik Versi 8.3.0 dapat diunduh di dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.
  2. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota diharap segera melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada operator sekolah di wilayah kabupaten/kota masing-masing.
  3. web pendataan yang semula beralamat di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id akan segera diintegrasikan ke alamat dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Dengan demikian, seluruh aktivitas dan manajemen pendataan dimigrasi ke alamat baru tersebut, yang rencananya akan diluncurkan paling lambat pada akhir Januari 2016.
  4. pengelolaan Dapodik jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah akan disatukan dalam Kelompok Kerja Data Pendidikan (KK Datadik) dengan menerbitkan Surat Keputusan Pembentukan KK Datadik Provinsi/Kabupaten/Kota terbaru dengan melibatkan operator pendataan Dapodikdas dan dapodikmen sebelumnya.
  5. untuk menjamin validitas faktual data Dapodik yang dikirimkan oleh sekolah melalui online, maka kepala sekolah wajib mengunduh, mengesahkan sekaligus menyerahkan Dokumen Pakta Integritas yang dapat diakses di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id ke KK Datadik Kabupaten/Kota.
  6. Diharapkan sekolah dapat memutakhirkan data semester II, dan mengirimkan data ke pusat, selambat-lambatnya pada tanggal 29 Februari 2016.
Demikian informasi tentang 6 poin penting terkait pemutakhiran data melalui aplikasi Dapodikdasmen pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 yang admin share dari laman http://dikdas.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih…

Download Antivirus Smadav Versi 11.0.4 Terbaru 2016

Download Antivirus Smadav V.ersi 11.0.4 Terbaru 2016
Selamat datang sahabat info tutorial--Saat ini tersedia Smadav Revisi Terbaru, yaitu Smadav 10.4, ini merupakan revisi terbaru saat ini. Smadav 2015 Rev. 10.4 diupdate pada tanggal 24 November 2015 (belum ada update terbaru lainnya), informasi update terbaru, silakan lihat di Smadav Terbaru.

Silakan klik salah satu link atau tombol download yang tersedia di bawah ini untuk mendownload Smadav.

Download Smadav v.10.4

Perubahan yang terdapat pada veri 11.0.4 ini antara lain.
 Smadav 2016 Rev. 11.0.4 :
+ Penambahan database 220 virus baru,
+ Penambahan Fitur baru (USB Anti-Exe) untuk memblokir program tidak dikenal di USB Flashdisk,
+ Peningkatan proteksi untuk mencegah Ransomware khususnya Cerber3 dan Cerber4,
+ (Rev. 11.0.4) Startup lebih cepat dan perbaikan bug explorer,
+ dan penyempurnaan lainnya.

Silahkan download aplikasi software antivirus smadav terbaru dibawah ini;
Download Smadav Versi 11.0.4

Agar proses download dapat berlangsung dengan cepat, gunakan Download Manager seperti: IDM (Internet Download Manager).

Demikianlah uranin singkat download Software dari anivirus smadav terbaru tahun 2016
Terimakasih semoga membantu dan bermanfaat..

29 January 2016

Panduan Tata Cara Ejaan Yang Benar Penulisan Bahasa Indonesia 2015

Selamat datang semuanya--Demi memudahkan dalam penulisan kosakata baik dan benar, sudah sepatas kita harus memperhatikan dalam membuat kalimat atau menyusun sebuah kalimat. Maka tidak salah pada masa sekarang banyak yang mengabaikan atau tidak memperhatikan kosakata dalam Ejaan Bahasa Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Permendikbud RI Nomor 50 Tahun 2015 ini ditetapkan karena mempertimbangkan bahwasannya sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, penggunaan bahasa Indonesia dalam beragam ranah pemakaian, baik secara lisan maupun tulisan semakin luas, selain itu juga bahwa untuk memantapkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara, perlu menyempurnakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dipergunakan bagi instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam penmggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Dan, pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Dalam Lampiran Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 ini diuraikan secara lengkap mengenai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar diantaranya :

1. Pemakaian Huruf
2. Penulisan Kata
3. Pemakaian Tanda Baca, dan
4. Penulisan Unsur Serapan

Download selengkapnya Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia beserta lampirannya, silahkan klik pada links berikut. Download

Terimakasih telah berkenan berkunjung dan membaca salah satu artikel dari situs personal saya. Semoga bermanfaat.

28 January 2016

Update Cara Tarik Siswa Mutasi Secara Online 2016

Selamat datang semuanya...Pada kesempatan ini untuk mengisi postingan infotutorial kali ini saya akan memberikan cara yang terbaru dari dapodikdas. Sehubungan dengan telah di keluarkannya aplikasi adapodikdas 4.11 ini memberikan beberapa hal yang harus di lakukan oleh Operator sekolah untuk melakukan pendataan dapodik secara online, Yaitu menarik siswa yang mutasi dari sekolah induk.

Maka Pada kesempatan yang baik ini saya akan memberikan secara sederhana cara menarik siswa mutasi secara online. Walapun cara ini sudah banyak yang mengatakan secara teori susah dalam prakteknya untuk menarik siswa mutasi dari sekolah induk.

Cara Tarik PTK/Mutasi PTK Online Pada Aplikasi Dapodikdas - Pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini sudah terjadi 2 kali pembaruan aplikasi Dapodikdas, yaitu aplikasi Dapodikdas versi 4.0.0 kemudian diperbaharui kembali dengan versi 4.1.1. Pembaruan ini dilakukan karena pada versi 4.0.0 ternyata masih terdapat beberapa bug. Nah pada aplikasi dapodik versi 4.1.0 atau 4.1.1 ini terdapat fiture baru, yaitu ketika menambahkan PTK baru (PTK pindahan) harus secara online.

Baiklah tanpa basi basi akan saya bahas langsung di bawa ini.

1. Buka halaman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/usr/in/ops , login menggunakan email & password Dapodik. Klik menu Tarik PTK.


2. Maka akan muncul Form Sekolah Asal dan Sekolah Tujuan. Isi Form Sekolah Asal PTK seperti Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Sekolah.



3. Selanjutnya jangna lupa untuk mengentry NUPTK pada form di bawahnya. dari gambar yang telah di tunjukan oleh nomor 2. Isi nomor NUPTK/Nama PTK Kemudian klik cari PTK. Jika nama sudah muncul Klik tanda Panah Biru untuk melanjutkan proses mutasi.

4. Terakhir klik tombol Konfirmasi Proses Mutasi

Selanjutnya tunggu proses dari Pusat kurang lebih 1x24 jam sehingga data PTK akan muncul dalam Aplikasi Dapodik Sekolah Tujuan (aplikasi kita). Jika data sudah masuk ke aplikasi dapodik kita, silahkan isi bagian penugasan dan juga pembelajaran. Perlu diperhatikan juga jika PTK berstatus Mengampu, maka di penugasan status induknya tidak dicentang.


Demikian bagaimana Cara Tarik PTK/Mutasi PTK Online Pada Aplikasi Dapodikdas, semoga bermanfaat.

27 January 2016

RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 1 Terbaru Akhir Tahun 2015

Selamat datang pengunjung semuannya_Pada Kesempatan yang baik ini saya akan membagikan perangkat Pembelajaran yaitu Rpp. Dimana Rpp yang saya bagikan adalah Rpp Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar kelas 1. Dengan Perangkat Rpp K13 ini bisa menjadi kan bahan referensi bapak/ibu dalam penyusunan Rpp K13 ini.

RPP Kurikulum 2013 SD Dan RPP Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013, edisi terbaru bisa digunakan sebagai referensi di Sekolah, harapan terbesar kami RP SD Kurikulum 2013 untuk Kelas 1 ni bisa bermanfaat

RPP SD Kurikulum 2013 Lengkap Update Terbaru Akhir Tahun 2015


Download [1] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Diriku
Download [2] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Kegemaranku
Download [3] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Kegiatanku
Download [4] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Keluargaku
Download [5] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Pengalamanku
Download [6] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Download [7] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Download [8] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Peristiwa Alam


Demikianlah yang saya bagikan semoga bermanfaat...terimakasih..

26 January 2016

Mendagri: Gaji Ke-14 PNS Akan Dibayar Jelang Penerimaan Siswa Baru

Kabar yang cukup mengembirakan bagi PNS tahun 2016 ini, karena pemerintah akan memberikan gaji ke 13 pada awal penerimaan siswa baru. Di mana informasi ini kami dapatkan langsung dari site www.setkab.go.id


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengemukakan, pemerintah belum bisa merealisasikan kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun anggaran 2016 ini, karena harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen. Namun demikian, pemerintah akan tetap memberikan pemasukan ekstra bagi PNS, dengan memberikan gaji ke-13 dan ke-14.
“Jadi kok gaji ke-14. Kalau gaji ke-13 itu pada saat lebaran, mungkin gaji ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah. Itu kewenangannya Kementerian Keuangan,” kata Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (25/1).

Mendagri meyakini, gaji ke-14 ini akan menjadi ekstra pemasukan bagi para pegawai. Meski sebelumnya, pemerintah sempat mewacanakan adanya kenaikan gaji, namun belum bisa direalisasikan. Pasalnya, harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen.
Sebelumnya Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, mengemukakan, sebagai pengganti kenaikan gaji PNS/Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2016 berupa pemberian gaji ke-14, pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar Rp 6 triliun dalam APBN 2016.

Dana Taktis Kepala Daerah

Dalam kesempatan itu Mendagri Tjahjo Kumolo juga mengemukakan, bahwa pemerintah sedang menyiapkan regulasi mengenai dana taktis kepala daerah. Regulasi ini dimaksudkan sebagai upaya agar dalam melaksanakan pemerintahan, tidak ada kendala yang berarti saat benar-benar ada kepentingan atau keperluan mendesak dalam urusan pemerintahan.

“Rp 100 miliar dana taktis kepala daerah mulai tahun ini sudah saya siapkan. Agar kepala daerah tidak lagi terkendala dalam melaksanakan pemerintahan,” tegas Tjahjo. (Puspen Kemendagri/ES)

Download Contoh Proposal Pengajuan Perpustakaan Tahun 2016

Selamat datang semuanya. Kali ini kami akan memberikan sebagai media referensi dari contoh bahan pengajuan perpustakan, untuk sekolah yang belum memiliki gedung perpustakaan.

Dalam postingan kami ini kami meberikan suatu informasi dimana informasi disini sangatlah penting semoga bisa mrmbrtkan mangfaat khsusnya bagi Bapak/ibu guru, disisni kami memberikan informasi tentang Contoh Proposal Perpustakaan Terbaru 2016. untuk membuka file tersebut file tersebut berbentuk .docx yang berarti Bapak/ibu Guru harus mempunyai aplikasi Microsoft Word.


jadi dengan adanya dana bos kami disisni bisa membangun suatu perpustakaan untuk SD swasta atau pun negri, nah bisa terjadinya pembangunan suatu perpustakaan disuatu sekolah SD mungkin Bapak/ibu guru harus memperoleh suatu proposal dimana proposal yersebut bisa menjadi suatu dana yang baik untuk suatu sekolah.

Untuk rekan guru yang membutuhkan contoh pengajuan proposal untuk perpustakaan ini bisa diunduh pada link di bawah ini.


Semoga bermangfaat khususnyanya bagi Bapak/ibu Guru, serta kepala sekolah. dan mungkin sekian dari postingan kami kali ini semoga bermangfaat sekian dan terimakasih.

25 January 2016

Apa Benar Seragam PNS Akan Di Rubah Lagi?

Selamat datang semuanya-informasi hari terkait dengan masalah seragam PNS, karena pemerintah mencoba menerapkan peraturan terkait masalah seragam yang di kenakan para PNS.

Seragam Pegawai Negeri Sipil beberapa kali mengalami perubahan, kali ini sedikit perubahan yang berbeda pada Permendagri yang telah ada.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merencanakan perubahan seragam dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup kantor kementerian dan pemerintahan daerah (Pemda). Namun, perubahan tersebut baru akan berlaku setelah terbit Peraturan Mendagri (Permendagri).

“Mudah-mudahan minggu depan keluar (Permendagri),” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Senin (25/1).
Menurut dia, pakaian pada Senin dan Selasa mengenakan seragam dinas krem. Kemudian, Rabu menggunakan baju putih. Setelah itu, Kamis dan Jumat adalah batik. Namun lebih pada pakaian khas adat, seperti batik tenun atau ikat sehingga membantu juga para pengrajin di daerah.

Seragam dinas linmas (hijau) dipakai pada acara khusus Satpol PP, bukan menjadi pakaian seragam harian karena untuk membedakan dengan militer. Sedangkan seragam Korpri digunakan pada acara resmi atau kepegawaian dan upacara hari besar tertentu saja.

“Sebenarnya tidak berubah, krem tetap dua hari. Lalu putih dan batik dua hari,” ungkap dia.
Demikanlah informasi singkat ini saya sampaikan semoga bermanfaat.

SUMBER KEMDAGRI

24 January 2016

Tutorial Membuat dan memasukan alamat Email Di Dapodik Versi 4.1.1 Tahun 2016

Selamat datang semuanya di web infotutorial. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa permasalahan pada aplikasi versi dapodik terbaru. Karena pada aplikasi dapodik versi terbaru harus memasukan sebuah email bagi PTK.

Pada aplikasi baru versi V.4.1.0 untuk entry data Dapodik jenjang SD, SMP, dan SLB di semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini saat ini telah tersedia fitur pembaharuan otomatis dari aplikasi Dapodikdas ke V.4.1.1

Dan pada setiap login aplikasi Dapodikdas untuk yang pertama kalinya akan tampil informasi terkait dengan Akun PTK sebagai berikut : Dikarenakan telah terjadi kesalahan pada saat tambah/ubah akun PTK di aplikasi versi 4.1.0, mohon untuk memasukan ulang password untuk memastikan akun yang telah dimasukan benar.

Sehingga bagi rekan-rekan operator sekolah yang belum sempat install aplikasi Dapodikdas V.4.1.0 silahkan langsung install menggunakan installer V.4.1.1 dengan menggunakan installer versi 4.1.1 yang dapat diunduh di links Dapodikdas dan selanjutnya memasukkan kembali password akun PTK bagi yang sudah pernah input pada versi v.4.1.0 sebelumnya.

Terkait dengan aplikasi Dapodikdas Versi 4.1.1 yang dirilis pada bulan Januari 2016 untuk update versi 4.1.0 ini terdapat beberapa fitur salah satunya yaitu untuk PTK diwajibkan memiliki alamat Email yang aktif karena untuk pengisian akun PTK yang akan digunakan untuk berbagai kepentingan masing-masing PTK ke depannya khususnya keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang akun PTK di aplikasi Dapodik tahun 2016 sebagai berikut :

1. Password yang dimasukan bukan berarti password yang sama dengan password asli email PTK.
2. Diharapkan agar PTK sendiri yang memasukan password tersebut.
3. Akun ini akan digunakan oleh PTK untuk keperluan transaksi semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK.
4. Akun pengguna PTK hanya dapat digunakan untuk PTK yang berada di sekolah induk.
5. Pastikan alamat email yang digunakan valid dan masih aktif.

Selanjutnya, untuk membuat akun PTK di aplikasi Dapodikdas V.4.1.1 adalah sebagai berikut :

1. Cek pada tab “PTK” pada bagian Email, jika belum pernah diisikan, silahkan diisikan terlebih dahulu alamat email PTK bersangkutan dengan klik “Ubah” kemudian scroll ke bawah pada bagian “Kontak” PTK silahkan dientry emailnya.


2. Jika sudah diinput, klik “Simpan”, dan masih pada tab PTK silahkan pilih salah satu PTK dan klik pada “Penugasan” dan setelah itu klik pada “Buat/Ubah Akun PTK” lalu input Password PTK dan terakhir klik “Simpan”


Dan pada bagian password akun PTK perlu dicatat dan diingat oleh masing-masing PTK serta diinput dengan hati-hati karena input password akun PTK ini hanya dapat dilakukan satu kali saja, akan tetapi jika ke depannya ada PTK yang lupa kode passwordnya maka password dapat diubah kembali akan tetapi akan terupdate password yang baru tersebut (bisa digunakan) setelah sinkronisasi aplikasi Dapodikdas berhasil dilakukan kembali.

Demikianlah informasi ini saya sampaikan terkait dengan dapodikdas yang terbaru tahun 2016 ini semoga bermanfaat.

Download Permendikbud No.79 Tahun 2015 Tentang Dapodikdas 2016

Selamat datang senuanya Tuk rekan Operator sekolah dimanapun-Hari ini saya akan memberikan informasi terkait dengan Dapodikdas yang telah di perbaharui versi terbaru tahun 2016. Bahwa pemerintah pada tahun ini memberikan beberapa perubahan mengenai dapodik itu sendiri untuk memberi kemudahan kepada guru. 


Permendikbud tentang Dapodik (Data Pokok Pendidikan) No 79 tahun 2015, Data Pokok Pendidikan, yang selanjutnya disingkat Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online. Maka dapat memberikan beberap antara lain :
  1. Mewujudkan basis data tunggal sehingga dapat tercipta tata kelola data pendidikan yang terpadu dan menghasilkan data yang representatif untuk memenuhi kebutuhan Kementerian dan pemangku kepentingan lainnya.
  2. Mendukung peningkatan efisiensi, efektif dan sinergi kegiatan pengumpulan data pokok yang terintegrasi dalam satu sistem pendataan untuk digunakan oleh Kementerian dan seluruh pemangku kepentingan.
  3. Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.
Maka dari hasil pengumpulan data melalui Dapodik merupakan satu-satunya acuan dalam pelaksanaan kegiatan, kajian, dan pengambilan keputusan terkait entitas pendidikan yang didata. Unit kerja Eselon I dalam pengambilan Dapodik harus melalui sekretariat unit kerja Eselon I masing-masing.

PDSPK mendistribusikan data Dapodik kepada dinas pendidikan provinsi secara periodik. Publikasi Dapodik melalui online harus menggunakan domain resmi Kementerian.

Silahkan untuk Rekan Operator dan Kepala Sekolah dan juga guru yang ingin melihat tentang permendikbud No.79 Tahun 2015 ini bisa didownload pada link dibawa ini.


 

23 January 2016

Download Aplikasi Kwitansi Excel 2016

Download Aplikasi Kwitansi Excel 2016

Selamat datang di blog infotutorial.tk--Setiap Pekerjaan selalu membutuhkan waktu yang cepat dan tepat, namun tidak sedikit setiap pekerjaan yang menumpuk di kantor selalu saja memakan waktu yang relatif tidak sedikit. 

Apa lagi pekerjaan yang berhubungan dengan nominal yang kisaran angkanya selalu ratusan atau mungkin saja jutaan. 
Lalu bagaimana supaya pekerjaan kantor supaya pendataan administrasi selesai dan tidak memakan waktu yang banyak terbuang?

Nah...pada jaman sekarang orang tak sulit lagi untuk memberikan pelayanan terhadap media jejaring, seperti facebook, atau kita mencari lewat google. Maka sudah banyak yang menyediakan Aplikasi seperti Administrasi perkatoran.

Salah satunya ini yang saya bagikan aplikasi administrasi kwitansi, Dimana aplikasi kwitansi ini saya dapatkan dari tetangga sebelah...eheheh

Yuk bagi yang mau mencoba silahkan di unduh pada halamn di bawah ini.


Demikianlah dan semoga bermanfat terimakasih

Program Pembelajaran RPP KTSP SBK Kelas 1, 2, 3, 4, 5, Dan 6 2016

Program Pembelajaran RPP KTSP SBK 
Kelas 1, 2, 3, 4, 5, Dan 6 2016
Selamat datang pengunjung semuanya di blog infotutorial.tk--Beberapa hari ini saya sibuk dengan runitas pekerjaan, sehingga baru kali ini bisa mengisi postingan lagi. Semoga saja semuanya dalam keadaan sehat walapiat, Amin.

Baiklah untuk hari ini saya akan membagikan perangkat pembelajaran untuk siswa sekolah dasar SD, yaitu program pembelajaran Silabus untuk semua kelas. Jadi untuk melengkapi postingan tentang program pembelajaran ini, saya akan memberikan file Program pembelajaran dari mata pelajaran SBK ( Seni Budaya dan Keterampilan). Adapun file yang saya bagikan ini untuk semua kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 Sekolah Dasar.

Silahkan untuk Rekan guru yang membutuhkan untuk menyusun Perangkat Pembelajarn SBK ini, saya bagikan dengan gratis. Dan saya sudah menyediakan link downloadnya dibawah.
Download Program Pembelajaran RPP Sekolah Dasar Kelas 1 s/d 6 tahun 2014
  1. RPP Kelas 1 Download   
  2. RPP Kelas 2 Download
  3. RPP Kelas 3 Download
  4. RPP Kelas 4 Download
  5. RPP Kelas 5 Download 
  6. RPP Kelas 6 Download 
Demikianlah yang saya baikin semoga bermanfaat dan membatu rekan guru yang sedang mencari silabus KTSP SBK.
 

19 January 2016

Seragam PNS Terbaru Berdasarkan Permendagri Tahun 2016


Dalam kesempatan ini, saya akan share informasi mengenai seragam resmi PNS / ASN berdasarkan Permendagri Nomor 68 Tahun 2015.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, tanggung jawab dan keseragaman aparatur sipil Negara sehingga diatur penggunaan pakaian dinas bagi aparatur sipil negara di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Dasar hukum / aturan tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah sebelumnya diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2007 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2007 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

Permendagri Nomor 68 Tahun 2015 ini telah ditetapkan Mendagri dan Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan yakni mulai diberlakukan pada tanggal 30 Semptember 2015.

Dalam Permendagri Nomor 68 Tahun 2015, terdapat beberapa ketentuan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2007 seblumnya telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2007, diubah sebagai berikut:

1. Ketentuan Pasal 2 diubah, sehingga Pasal 2 berbunyi sebagai berikut:

Bagian Kesatu : Jenis Pakaian Dinas Pasal 2 :

(1) Pakaian Dinas di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri terdiri dari:

a. Pakaian Dinas Harian disingkat PDH, terdiri dari:

1) PDH Warna khaki;




2) PDH Kemeja putih, celana/rok hitam atau gelap;dan

3) PDH batik

b. Pakaian Sipil Harian disingkat PSH;

c. Pakaian Sipil Resmi disingkat PSR; dan

d. Pakaian Sipil Lengkap disingkat PSL.

(2) Pakaian Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi terdiri dari:

a. Pakaian Dinas Harian disingkat PDH, terdiri dari:

1) PDH Warna khaki;

2) PDH Kemeja putih, celana/rok hitam atau gelap;dan

3) PDH Batik/Tenun/Pakaian khas daerah

b. Pakaian Sipil Harian disingkat PSH;

c. Pakaian Sipil Resmi disingkat PSR;

d. Pakaian Sipil Lengkap disingkat PSL; dan

e. Pakaian Dinas Lapangan disingkat PDL.

(3) Pakaian Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota terdiri dari:

a. Pakaian Dinas Harian disingkat PDH, terdiri dari:

1) PDH Warna khaki;

2) PDH Kemeja putih, celana/rok hitam atau gelap;dan

3) PDH Batik/Tenun/Pakaian khas daerah

b. Pakaian Sipil Harian disingkat PSH;

c. Pakaian Sipil Resmi disingkat PSR;

d. Pakaian Sipil Lengkap disingkat PSL;

e. Pakaian Dinas Lapangan disingkat PDL;

f. Pakaian Dinas Harian disingkat PDH Camat dan Lurah; dan

g. Pakaian Dinas Upacara disingkat PDU Camat dan Lurah.

Kemudian, dalam Lampiran I Permendagri Nomor 68 Tahun 2015 diatur tentang model pakaian dinas kemeja putih di lingkungan kementerian dalam negeri dan pemerintah daerah, sebagai berikut :


1. PDH (Pakaian Dinas Harian) bagi PNS pria:

Keterangan :
a. Lencana Korpri

b. Papan Nama

c. Tanda Pengenal

2. PDH (Pakaian Dinas Harian) bagi PNS wanita :



Keterangan :
a. Lencana Korpri

b. Papan Nama

c. Tanda Pengenal

Selanjutnya, pada lampiran II Pemendagri Nomor 68 Tahun 2015 diatur mengenai Jadual Penggunaan Pakaian Dinas PNS di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah adalah sebagai berikut :
  1. Senin LINMAS 
  2. Selasa dan Rabu PDH warna khaki
  3. Kamis Baju putih
  4. Jumat Batik/Tenun/Pakaian khas daerah
  5.  Hut Korpri dan Hari Besar Nasional Korpri
  6. Pada Acara Resmi PSL dan/atau PSR
Sesuai Ketentuan Acara
Download selengkapnya Permendagri No. 68 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2007 Tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah beserta Lampiran I dan Lampiran II selengkapnya silahkan klik pada links berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

KONSEP PENILAIAN AUTENTIK PADA PROSES DAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013

Selamat datang di web tutorial-KONSEP PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti Sekolah Dasar (SD sebagai contoh ), Penilaian Autentik (Autentic Asseseement ) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas keberhasilan Pembelajaran melalui Ranah Sikap, Keterampilan, dan Pengetahuan.

Menurut Istilah Autentic Assessement adalah penilaian atau evaluasi yang sesungguhnya dan nyata secara objektif (reliable), namun secara konseptual bahwa penilaian Autentik ini lebih efektif di bandingkan dengan tes atau ujian pilihan ganda, ketika penilaian autentk ini dilakukan atau di apresiasikan maka kita bisa mengukur tingkat prestasi dan keberhasilan anak didik jadi lebih efektif mana ?...dengan menggunakan konsep penilaian autentik ini.
Cuman bedanya pengukuran tingkt prestasi anak didik kita lebih dominan dalam mengamati prestasi anak di luar sekolah .

Disamping dalam menerapkan penilaian kepada aak didik kita harus autentik setidaknya juga guru juga harus autentik dalam memberikan penilaian bukan hanya membrikan pengajaran saja .
Dalam menjalankan Penilaian yang lebih efektif dalam mengukur tingkat prestos anak didik kita sama halnya kita sebagai pemberi nilai harus tahu dulu tentang penilaian autektik itu apa saja dan bagaimana..?

Setidaknya saya coba membahas sedikit mengenai penilaian autentik, terdapat beberapa jenis penilaian autentik yaitu : Penilaian Kinerja, Penilaian Proyek,Penilaian Portofolio dan tertulis, selanjut kita mengenal lebih jauh lagi mengenai pembahasan Penilaian secara Autentik silahkan klik bagian bagian nomor dibawah ini untuk melihat file dan mengunduh yang ditampilkan salah satu file oleh google driver dibawah ini.


KONSEP PENILAIAN AUTENTIK PADA PROSES DAN HASIL BELAJAR
KURIKULUM 2013

  1. Konsep Penilaian Autentik Pada Proses Hasil Belajar (TOT Kurikulum 2013 ).
  2. Alur Kegiatan Konsep Penilaian Autentik Pada Proses Hasil Belajar (TOT Kurikulum 2013).
  3. Contoh Penerapan Penilaian Autentuk Pada Proses Hasil Belajar (TOT Kurikulum 2013).
Demikian Pembahasan dari Kosep, Alur dan contoh Penilaian Autentik Pada Proses hasil Belajar lebihnya kurangnya kami mohon maaf, semoga bermanfaat untuk kita semua.




17 January 2016

3 langkah untuk tetap Bisa Tidur Pulas

Selamat datang di website infotutorial. Kali ini saya akan memberikan informasi kesehatan untuk keluarga dan diri kita sendiri. Mungkin kita sebagai aktifitas yang bekerja berat atau yang bekerja di kantor sering pulang sore atau sebaliknya, membuat kondisi kurang tidur dan kesehatan akan terganggu. 

lalu bagaimana supaya kesehatan tetap terjaga dan tidak merasa kurang tidur? Berikut ini saya berikan tips kesehatan yang mungkin bisa di coba oleh anda di rumah bersama keluarga. 

Bagi sebagian orang, tidur nyenyak adalah barang langka. Kesibukan, rutinitas, stres dan tuntutan hidup membuat tidur nyenyak menjadi hal yang sulit dilakukan. 

Survey yang dilakukan oleh Big menunjukkan fakta mengejutkan. Sekitar 70 persen responden mengalami tidur yang tak berkualitas. Penelitian itu melibatkan 20 ribu responden dari 170 negara. Namun, Bila mau mencoba tips di bawah ini, karena setiap kesulitan pasti ada jalan untuk merubah dan mendapatkannya.

  1. Periksa suhu _Anda harus memeriksa suhu agar bisa tidur dengan nyenyak. Jangan terlalu panas, namun tidak boleh terlalu dingin.
  2. Minimalisir cahaya_Pada saat akan tidur, kita akan memproduksi hormon yang disebut melatonin. Cahaya di malam hari bisa menghambat produksi melatonin, sehingga lebih sulit untuk mendapatkan tidur dan tetap tidur. Jadi, berhenti menggunakan gadget setidaknya satu jam sebelum Anda tidur.
  3. Menurunkan volume suara_Matikan musik dan suara lainnya jika mereka mengalihkan perhatian Anda dari tidur.
Demikianlah semoga bermanfaat dan membantu anda yang mersa kekurangan tidur.

Cara Cek Keaktifan NUPTK di Halaman GTK 2016

Selamat datang semuanya....Informasi hari ini terkait dengan Cara cek keaktifan NUPTK 2016 Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari website resmi http://gtk.data.kemdikbud.go.id/ maka kami akan memberikan informasi singkat ini. 

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) adalah salah satu Unit Kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan 


Dan Kebudayaan bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan.

Dalam melaksanakan pengelolaan data, PDSPK memiliki fungsi diantaranya melaksakan validasi dan integrasi data pendidikan dan kebudayaan seperti data sekolah, siswa, guru, kelas, dan ruang kelas, warisan budaya benda maupun tak benda. Untuk menjamin validitas data maka dibuat sistem informasi verifikasi dan validasi data diantaranya aplikasi Verifikasi dan Validasi data Guru dan Tenaga Kependidikan (Verval GTK).

Aplikasi Verval GTK ini melibatkan operator sekolah, operator daerah dan operator pusat serta dalam aplikasi ini selain untuk melakukan verifikasi dan validasi data GTK juga untuk memproses pengajuan, penerbitan maupun penonaktifan NUPTK untuk GTK Kemendikbud dan GTK Kemenag.

Cara Cek NUPTK
Masuk ke kolom pencaharian NUPTK isi data sesuai data pribadi anda..
setelah maka akan muncul data pribadi anda.....
selamat mencoba...apabila data tidak di temukan maka langkah nya adalah dengan vervalgtk

silahkan klik link untuk masuk ke cek NUPTK Disini

Catatan : untuk saat ini masih offeline untuk ceknya, setelah saya memberikan informasi ini.

16 January 2016

Cara Registrasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan ) 2016

Registrasi NPP Baru--Selamat datang pengunjung semuanya--kami akan memberikan informasi terkait dengan versi dapodikdas 4.10 ada satu perubahan dan mesti dilakukan oleh operatorsekolah yaitu tentang NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) 


Bagi yang pertama kali memasukan data via web, daftarkan terlebih dahulu perpustakaan anda untuk mendapatkan user login dan password, dimana user login anda sekaligus merupakan nomor pokok perpustakaan anda.

Catat baik-baik nomor pokok perpustakaan anda dan passwordnya, ini akan dipergunakan untuk updating data anda dikemudian hari.

Tata cara pendaftaran, klik menu registrasi NPP baru, ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan isian yang wajib anda isi, seperti data provinsi, data kabupaten/kota, data kecamatan, jenis perpustakaan dan status perpustakaan.

Untuk mengisi jenis perpustakaan sebaiknya perhatikan pendefinisian masing-masing jenis perpustakaan pada menu ruang lingkup, supaya isian anda benar.

Selanjutnya isilah data-data perpustakaan anda selengkap-lengkapnya, disarankan setiap selesai mengisi satu halaman tekan tombol simpan untuk menyimpan data isian anda, selanjutnya lanjutkan isian ke halaman berikutnya sampai tuntas seluruhnya.

Cara Pengisian/Updating Data Bagi Yang Sudah Mempunyai NPP:
Masukan user dan password untuk login.
Setelah login berhasil, isilah atau update data perpustakaan anda dengan memilih menu-menu yang ada di menu Data Perpustakaan.

Silahkan di unduh panduan untuk NPP klik di Sini Download 

Disarankan untuk melakukan penyimpanan data segera setelah pengisian data selesai dalam setiap menu isian/halaman.

Silahkan bagi yang belum melakukan Registrasi bisa masuk ke halaman NPP di bawah ini. 


Demikianlah dan terimakasih..


Program Pembelajaran Rpp Seni Budaya KTSP Kelas 1, 2, 3, 4, 5, Dan 6 Tahun 2016

Program Pembelajaran Rpp Seni Budaya KTSP Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6--Program pembelajaran KTSP Seni Budaya (SBK) ini kami bagikan secara langsung untuk para guru yang membutuhkan sebagai bahan referensi Rpp tingkat pendidikan sekolah dasar.


Program Pembelajaran Rpp dari SBK ini memang masih jarang di temuakan dan membuat serta menyusun Rpp SBK ini sedikit membingungkan. Kenapa? membingungkan...karena tidak sedikit para guru yang tugasnya mengajar kesulitan untuk menyusun Rpp SBK ini disebabkan pada buku pegangan guru (buku paket) SBK isinya kebanyakan adalah gambar dan isi materinya sedikit.

Sehingga sulit untuk membuat kalimat atau kata yang sesuai dengan materi SBK yang sudah di pelajari. Pada akhirnya dari pelajaran SBK ini kebanyakan dengan praktek langsung. 
Tidak menutup kemungkinan dalam pembuat soal seperti Ulangan Harian, UTS/UAS seorang guru yang mengajar SBK ini akan kesulitan untuk membuat soal.


Maka dengan ini kami bagikan sebagai bahan referensi bapak/ibu guru yang sedang atau akan menyusun Rpp SBK ini, setidaknya dengan adanya Rpp yang kami bagikan untuk meringankan waktu serta pikiran untuk menyusun Rpp.

Silahkan bapak/ibu yang ingin meliahat Rpp SBK ini bisa diunduh dibawah ini:
Demikianlah yang kami bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di blog infotutorial.

Perbedaan Hasil Download Prefill Dengan NPSN Dan Koreng Di Dapodikdas V.4.1.0

Selamat siang para pengunjung semuanya--Sehubungan dengan telah di luncurkan Aplikasi Dapodikdas yang terbaru dari versi 4.1.0 ini, Ada seorang teman di forum facebook, dan saya tidak akan memberi tahukan siapa namanya. Teman saya bertanya "Mas...Apa sih perbedaan setelah download Prefill dengan Kode Registrasi dengan No. NPSN untuk dapodikdas versi terbaru"

Sempat terpikirkan oleh kami, untuk membuat tutorial tentang hasil download prefill ini dengan kode registrasi dan NPSN. Berdasarkan pengalaman saya, yang saya coba instal aplikasi dapodik terbaru ini, saya menggunakan kode NPSN untuk download prefill. 

Ala hasilnya maka saya akan memberikan perbdeaanya di sini dengan singkat tutorialnya.

A. Memasukan Data prefiil hasil Download Dengan NPSN.

  1. Sebelum menginstal Dapodik versi baru saran saya computer/laptop harus di Cceaner bertujuan untuk menghindari corupted aplikasinya.
  2. Instal aplikasi dapodikdas yang sudah di download
  3. Setelah selesai terinstal Aplikasi jangan dulu di jalankan, akan tetapi masukan dulu data prefillnya.
  4. lalu masukan prefill yang sudah di download save di drive C beri folder dengan nama prefill_dapodik
  5. Setelah melewati langkah dari no 1 sampai no 4 artinya sudah selesai. dan dimana halaman muka awal dapodikdas dengan menggunakan NPSN seperti gambar di bawah ini.
Sebagai catatan di sini...tampilan muka depan pada saat selesai memasukan prefill ke drive C. dan maka yang keluar hasilnya seperti ini, Dan apa bila melakukan Registrasi tidak akan bisa di lewati. Walapun semester telah menunjukan Semester Genap.

B. Memasukan Data prefiil hasil Download Dengan Koreng (Kode Registrasi)

  1. Sebelum menginstal Dapodik versi baru saran saya computer/laptop harus di Cceaner bertujuan untuk menghindari corupted aplikasinya.
  2. Instal aplikasi dapodikdas yang sudah di download
  3. Setelah selesai terinstal Aplikasi jangan dulu di jalankan, akan tetapi masukan dulu data prefillnya hasil download dengan Koreng
  4. lalu masukan prefill yang sudah di download save di drive C beri folder dengan nama prefill_dapodik
  5. Setelah melewati langkah dari no 1 sampai no 4 artinya sudah selesai. dan dimana halaman muka awal dapodikdas dengan menggunakan Koreng seperti gambar di bawah ini.
Dari gambar di atas no 2 ini adalah muka awal yang harus di lakukan agar bisa masuk seperti gambar pada no 1 diatas.

saya Sediakan Video cara Registrasi V.410


Dan sebagai catatan tambahan, dari saya adalah dari dapodikdas versi terbaru ini kalau sudah masuk hasilnya sama, untuk memasukan kembali melanjutkan semseter I ke semester II)  Namun ada data yang terbaru harus di infut adalah alamat email untuk PTK serta rombel belajar Karena kode registarasi adalah kode dari pemerintah pusat, maka hasil yang paling akurat adalah dengan mendownlod menggunakan kode registrasi.

Baca Juga : Update Aplikasi Dapdikdas V.4.1.0

Demikianlah "perbedaan setelah download prefill dengan Kode Registrasi dan NPSN".
Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.

15 January 2016

Dowload Aplikasi Dapodik V.4.10 Dan Cara Intalasi Dapodikdas 2016

Selamat datang semuanya---Sahabat Operator dimanapun berada.Pada hari ini tepatnya tanggal 15 Januari 2016, Bahwa Aplikasi dapodikdas untuk tingkat SD dan SMP sudah di luncurkan oleh pemerintah yaitu versi 4.10. Meningat pentingnya dapodikdas ini untuk semsester II Tahun ajaran 2015/2016 seluruh Operator sekolah untuk mengupdate atau mendowload Aplikasinya.

Namun sebelumnya tersebar info bawah Aplikasi dapodik dapat diperbaharui langsung dari aplikasi dapodik dengan mengklik pengaturan cek pembaharuan. Seperti gambar di bawah ini. Setelah update lewat aplikasi dapodik langsug

Apa bila Operator sudah terinstal 4.1.0 akan tetapi ada pemberitahuan erorr, maka langkah yang dapat di ambil adalah dengan menguinstal saja aplikasi dari 4.0.3 dan Instal aplikasi terbarunya.

Dengan Lunurnya aplilasi dapodikdas terbaru diharapakan seluruh operator sekolah untuk mendownload kembalinya itu aplikasi dan Preffil.


Jadi dengan updatenya aplikasi dapodikdas ini, kami akan memberikan solusi atau cara Instal dapodikdas versi 4.10 ini.

Baiklah tanpa basa basi lagi simak cara instal Aplikasi V.4.10 ini dengan seksama.
  1. Langkah pertama adalah kita Harus mengunital (hapus) Aplikasi lama yaitu ada 2 yang harus di Hapus aplikasi 4.0.0 dan 4.0.3.
  2. Kalau memang belum yakin maka harus kita back up data lama yang terdapat pada drive C. ambil databes dan dataweb nya saja.untuk menjaga-jaga erorr.
  3. Dowload Aplikasi 4.10 di halaman resmi dapodidas, akan tetapi kami sediakan aplikasinya diakhir postingan.
  4. Unduh Preffil dengan menggunakan kode Registrasi dapodik atau No NPSN sekolah.
  5. Untuk masuk kehalaman Preffil silahkan klik Disini
Baca Juga : Perbedaan Download Prefill Dengan Koreng dan NPSN
Untuk Cara Instalnya masih sama dengan versi dapodik yang terdahulunya..
akan tetapi untuk memudahkan bapak/ibu sebagai Oprator bisa Dowload dibawah ini panduan intal dapodik V.4.10 dan surat resi dari mendikbud tentang masa aktif dari Aplikasi dapodikdas ini.

Dowload Alikasi dapodikdas V.4.10
Download Panduan Instal Dapodikdas V.4.10
Download Surat Pemutahiran Dapodikdas dari Kemedikdas

Link Alternatif : Aplikasi Dapodik V.4.10

Sebagai catatan : Untuk Unduh Aplikasi V.4.10 supaya lebih cepat gunakan Aplikasi IDM, dan ukurannya cukup besar.

Demikianlah Informasi ini kami sampaikan semoga bermanfaat dan lancar dalam instal serta mengerjakan infut data di semester II ini.

14 January 2016

Download Aplikasi Administrasi Excel Surat 2016

Selamat datang pengunjung semuanya--Setiap Transaksi baik pemasukan atau pun pengeluaran yang di lakukan oleh Tata Usaha (TU) haruslah di infut data baik secara terulis ataupun dengan pengumpulan bukti fisik. Belum lagi di tambah dengan surat yang keluar serta surat masuk haruslah di masukan sebagai dokumen sekolah.

Dengan maraknya file yang mendukung untuk untuk bekerja telah banyak yang membagikan secara gratis oleh para blogger. Salah satunya yang kami dapatkan adalah aplikasi tentang administrasi surat menyurat, baik surat masuk ataupun surat keluar.

Dalam tata administrasi surat masuk dan surat keluar yang biasanya lebih nyaman jika aplikasi berbasis excel kini lebih dimudahkan lagi dengan aplikasi portable surat masuk dan surat keluar yang kami sediakan seperti gambar disamping.

Aplikasi Surat masuk dan surat keluar Menu administrasi surat masuk dan surat keluar ini juga terotomatis berjalan, misal tanggal surat masuk dan keluar, jenis surat, pengirim surat, keterangan dari catatan yang tersedia, tentu saja juga bisa dicetak seperi layaknya aplikasi lainnya.
Silahkan di Download file adminitrasi surat dibawah ini.

DOWNLOAD APLIKASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR

Demikianlah yang kami bagikan semoga saja dapat membantu pekerjaan Sebagai Tata Usaha dalam mengurusi surat keluar dan surat masuk lebih baik lagi dan tersusuan rapih

Update Buku Panduan Penelitian Tidakan Kelas (PTK) 2016

Selamat datang di webite infotutorial--Untuk dewan guru dimanapun berada pada hari ini saya akan memberikan atau membagikan Penelitian Tidakan Kelas (PTK). Karena, pada era sekarang ini dalam proses belajar mengajar, seorang guru selain mengajarkan ilmu pengetahuan kepada siswa.

Seorang guru harus tahu tentang permasalahan yang dihadapi oleh siswa tersebut, karena permasalahan siswa tersebut bisa mengakibatkan pengaruh terhadap proses belajar mengajar, oleh karena itu kita sebagai seorang guru harus menguji pelajaran yang kita ajarkan kepada siswa dengan bermacam metode yang kita punya.

Sehingga kita akan tahu tentang keberhasilan dan tidak keberhasilan siswa dalam belajarnya, kalau seandainya siswa tidak bisa memahami pelajaran yang kita sampaikan dengan metode yang kita pakai, kita kroscek metodenya yang kurang baik, apa siswanya yang punya masalah?
Sehingga mereka kurang fokus dalam belajarnya, oleh karena itu untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa kalau diukur dengan metode yang kita ajarkan, maka kita diharuskan membuat suatu karya ilmiah, yang biasa kita sebut dengan PTK. disini saya akan bagikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), silahkan dibaca, mudah-mudahan bisa dijadikan refrensi dalam penulisan karya ilmiah di Sekolah anda masing-masing. Silahkan bapak ibu yang membutuhkan bisa didowload pada link di bawah ini.

Panduan Penelitian kelas (PTK) ini kami dapatkan dari halaman website mendikbud.com. Jadi di sini kami memberi kemudahan kepada bapak/ibu guru yang sedang menyusun PTK.

Download Panduan Penelitian Tindakan Kelas

Demikianlah dan semoga bermanfat sebagai bahan referensi PTK.

Download 8 Standar Pendidikan Untuk Semua Jenjang 2016

Selamat datang di blog infotutoriat.tk--Semoga saja hari penggunjung blog dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan aktifitasnya. Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa file yang menunjang keberhasilan dalam pengelolaan sekolah. Karena setiap sekolah yang sudah berjalan 4 tahun dan sudah bisa meluluskan peserta didiknya. Maka harus melakukan Akreditasi. 

Dengan ini, kami akan memberikan sedikit pengertian dan penjelasan tentang 8 Standar Pendidikan. Pengertian dan Penjelasan Delapan (8) Standar Pendidikan.

Apa tujuan dari Standar Nasional Pendidikan? Standar Nasional Pendidikan bertujuan untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta teradaban bangsa yang bermartabat.
Pengertian dan Penjelasan Delapan Standar Pendidikan

Standar Nasional Pendidikan meliputi ; Standar isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.

Secara terperinci, fungsi dan tujuan standar nasional pendidikan adalah sebagai berikut :

1. Sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

2. Bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat.

3. Untuk disempurnakan secara terencana, terarah dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan local, nasional dan global.

Adapun penjelasan dari masing-masing standar nasional pendidikan sebagai berikut :

1. Standar Isi

Dalam pengembangannya, Standar Isi telah dikembangkan oleh BNSP dan menjadi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk suatu pendidikan dasar dan menengah.

Standar isi adalah cakupan materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai komptensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

2. Standar Proses

Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan, hal ini sebagaimana yang dicantumkan dalam PPRI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 1 ayat 6.
Cakupan dalam Standar Proses adalah sebagai berikut :

1. Perencanaan Proses Pembelajaran

2. Pelaksanaan proses pembelajaran

3. Penilaian hasil pembelajaran

4. Pengawasan proses pembelajaran

3. Standar Kompetensi Lulusan

Apa yang dimaksud dengan SKL ?

SKL atau Standar Kompetensi Lulusan adalah bagian dari Standar Nasional Pendidikan yang merupakan kriteria kompetensi lulusan minimal yang berlaku di seluruh wilayah hokum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Fungsi utama SKL yaitu : kriteria dalam menentukan kelulusan peserta didik pada setiap satuan pendidikan, rujukan untuk menyusun standar pendidikan lainnya, serta arah peningkatan kualitas pendidikan.

4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Apa dan bagaimana fungsi dari Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan?

Standar pendidikan dan tenaga kependidikan adalah kriteri pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.

Siapa yang dimaksud dengan pendidik?

Pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyiswara, tutor, instruktur, fasilitator dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

5. Standar Sarana dan Prasarana

Apa yang dimaksud dengan Standar Sarana dan Prasarana?

Standar ini merupakan standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimum tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekspresi serta sumber belajar lainnya.

6. Standar Pengelolaan Pendidikan

Standar Pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan. Standar pengelolaan oleh satuan pendidikan meliputi :

a. Perencanaan program sekolah/madrasah

b. Pelaksanaan rencana kerja sekolah

c. Monitoring dan evaluasi

d. Kepemimpinan Sekolah/madrasah; dan

e. Sistem informasi manajemen

7. Standar Pembiayaan Pendidikan

Apa dan bagaimana fungsi dari Standar Pembiayaan Pendidikan?

Standar pembiayaan adalah standar yang mengatur komponen dan besarnya biaya operasional satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun. Biaya operasional pendidikan adalah bagian dari dana pendidikan yang diperlukan untuk membiayai kegiatan operasi satuan pendidikan agar dapat berlangsung kegiatan pendidikan yang sesuai dengan standar nasional pendidikan secara teratur dan berkelanjutan. Dalam rinciannya biaya operasional terdiri dari biaya investasi, biaya operasi dan biaya personal.

8. Standar Penilaian Pendidikan

Standar Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, sedangkan evaluasi pendidikan adalah pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan.

Silahkan didownload untuk yang membutuhkan 8 standar pendidikan, sudah kami sediakan dibawah ini, dan ada satu file hasil akreditas pada tahu 2015 kemarin. Dari sekolah dimana saya mengajar.
Download 8 Standar Pendidikan 


Demikian rincian dari delapan Standar Nasional Pendidikan yang harus ada dan dilaksanakan di lembaga pendidikan dasar dan menengah. Semoga penjelasan mengenai delapan standar nasional tersebut dapat menjadi acuan, referensi bagi anda yang kesehariannya berada di dunia pendidikan.