31 December 2015

Update Aplikasi Dapodik 4.0.3. 2015

Selamat datang bapak ibu di blog personal infotutorial---kita mengetahui bahwa Aplikasi dapodik sudah memiliki update patch terbaru yaitu 4.0.3.


Akan tetapi dengan d terbitkannya patch terbaru. Mungkin saja ada yang belum update ke versi terbaru. Di karenakan sibuk dan masih dalam rangka liburan menyambut natal dan tahun baru 2016.

Apabila kita membuka icon dapodik pada pc/laptop kita maka tidak akan masuk ke aplikasi tersebut. Karena batas online update sudah habis.

Seperti inilah apa bila kita mau masuk ke aplikasi dapodik setelah kita memasukan alamat email dan password dengan benar, maka tampilan seperti gambar di bawah ini.

Artinya bagi Oprator yang belum update harus melalui manual update dapodikdasnya. Dengan cara mendownload aplikasi atau patchnya.
Bagi yang belum update atau terlambat update silahkan Di download aplikasinya dibawah ini

Download Aplikasi 4.0.3

Untuk Cara instalnya :
  •  Instal Aplikasi yang sudah didownload di atas sampai proses instal selesai.
  • Apabila versi 4.0.2 masih muncul. tekan Ctrl+R
  • Perhatikan apabila masih gagal update ke  patch 4.0.3


Silahkan klik pengaturan.

Setelah mengklik Pengaturan maka akan keluar patch terbaru dapodik. Klik dan tuggu sampai selesai
Demikianlah cara update dapodik versi 4.0.3 terbaru 2015

Mendikbud: Evaluasi Kurikulum 2013 Sudah Tuntas

Selamat Datang di blog infotutrial--Pada kesempatan ini kami menginformasikan tentang kurikulum dari pemerintah dan maraknya informasi mengenai kurikulum 13 akan di agantikan oleh kurikulum Nasional.
 
Kurikulum 2013 kabar kian santer akan digantikan Kurikulum Nasional, sejatinya kita para guru, saya termasuk bapak/ibu semua tak ingin gagal memaknai maksud bahasa dari istilah Kurikulum Nasional yang sebenarnya bukan istilah baru, hingga memunculkan pemahaman akan ada perubahan untuk Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional.
 
Pada berita berita yang kami lansir dari laman resmi Kemdikbud secara tegas Menteri Anies membantah untuk kebenaran info Kurikulum 2013 digantikan Kurikulum Nasional, mari kita simak penjelasan Mendikbud pada sedikit kutipan konfirmasi ketegasan beliau.
 
Mendikbud mengatakan "setidaknya ada dua aspek yang dievaluasi dalam Kurikulum 2013, yaitu desain Kurikulum 2013 dan dokumen Kurikulum 2013. Implementasi Kurikulum 2013 saat ini masih dilakukan secara bertahap sambil menunggu hasil evaluasi Kurikulum 2013.
Mendikbud Jelaskan Beda Kurikulum Nasional Dan Kurikulum 2013
 
"Mendikbud juga membantah kabar yang beredar mengenai penggantian nama Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Nasional. Kurikulum nasional, katanya, bukanlah nama baru dari Kurikulum 2013, melainkan bermakna bahwa kurikulum tersebut berlaku secara nasional. “Tidak ada Permendikbud yang menyebut tentang Kurikulum Nasional,” tegasnya. 
 
Menteri Anies menuturkan, implementasi Kurikulum 2013 akan tetap dilanjutkan sesuai dengan hasil evaluasi yang telah dirampungkan Kemendikbud. “Kita ingin proses perbaikan kurikulum tidak dipandang sebagai satu-satunya cara meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Ini hanya salah satu caranya,” 
 
Sumber lihat Kemdikbud go.id

Update Materi Yang Diujikan pada UN 2016 Irisan dari Kurikulum 2013 dan KTSP 2006

Selamat Datang Sahabat Infotutorial---Pada dasarnya Pendidikan adalah hal yang paling utama untuk mendapatkan kesempata yang lebih baik di hari esok. Tinggal beberapa bulan lagi setiap siswa semua tingkat akan melaksanakan Ujian Nasional sebagai agenda akhir bagi siswa yang duduk di sekolah baik sekolah SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK. Pada Kesempatan ini kami akan memberikan sedikit penjelasan Materi yang akan Di UNkan pada tahun depan.

Kisi-kisi UN tahun pelajaran 2015/2016 disusun berdasarkan kriteria kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku pada lingkup materi yang sama.
Kisi-kisi memuat cakupan materi dan level kognitif untuk setiap mata pelajaran, jenjang, dan jenis pendidikan.

Materi yang diujikan dalam Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/2016 adalah materi yang diajarkan pada kurikulum yang berlaku berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2006 dan Permendikbud 64 Tahun 2013.

Kisi-kisi dikembangkan oleh pakar materi dari perguruan tinggi dan guru berpengalaman di bawah koordinasi BSNP dan Puspendik. Irisan materi adalah lingkup materi yang sama dari Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. 

Sebagai contoh, pada mata pelajaran tertentu, Fisika misalnya, terdapat 90% materi yang sama dari kedua kurikulum tersebut dan 10% yang berbeda. 
Materi yang dujikan dalam UN adalah materi yang sama (90%), sedangkan materi yang berbeda (10%) diujikan melalui ujian satuan pendidikan.


Lalu, bagaimana dengan materi yang sudah diajarkan pada KTSP 2006 dan Kurikulum 2013, tetapi tidak masuk di dalam kisi-kisi UN 2016, maka materi yang sudah diajarkan pada kedua kurikulum, tetapi tidak masuk di dalam kisi-kisi UN 2016 akan diujikan dan dinilai oleh Satuan Pendidikan.

Demikian share informasi mengenai penjelasan tentang Kisi-Kisi UN 2016 dari Irisan Materi Pelajaran pada KTSP 2006 dan Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat dan terimakasih...

29 December 2015

Update E-Proposal Digital Sistem Pendataan Untuk Usulan Bantuan 2015

Selamat datang di blog info tutorial--Untuk kali ini saya akan memberikan informasi yang cukup menarik, dimana informasi ini kami dapatkan dari websitenya kkgjaro.blogspot.com yang tidak secarang langsung adalah operator yang selalu berhubungan Mendikbud. Dan selalu uptdate tentang informasi-informasi pendidikan.





Maka dari itu kami mengutif dari website kkgjaro. Dari salah satu artikel yang memberi nama sebuah aplikasi E-Proposal Digitalisasi.

E-Proposal DITPSMP Kemdikbud Digitalisasi Sistem Pendataan menjadi aplikasi online yang terbaru akan dirilis DITPSMP Kemdikbud, begitu mudahnya penggunaan aplikasi secara online dalam pengiriman dan pemanfaatan data pendidikan, Dapodik sebagai data utama Pengembangan itu hal yang tak bisa dipungkiri keberadaan dapodik menjado center data utama dalam penjaringan sistem Dapodik Sistem yang berkelanjutan, terpantau dan terkendali :

Aplikasi Penunjang
E Proposal
E Pelaporan
E Arsip
2015 Pengembangan
2016 Peralihan
2017 Implementasi Penuh

Cakupan E Proposal
Mengajukan bantuan Ruang Kelas Baru Kelas Ruang Belajar Lain Lab IPA, Lab Bahasa, dll Ruang Pendukung Lain Perpustakaan, Mushola, UKS, dll Rehab Sedang & Rehab Berat Mengajukan Pembangunan SMP Unit Sekolah Baru SMP Satu Atap
Alur Global
Mekanisme Penjaringan
Data Dapodik
Usulan Dinas

Penetapan
Verifikasi Pencarian Bantuan

Pertanggung Jawaban
Progres Pekerjaan
Berita Acara Serah Terima
E-Proposal Digitalisasi Sistem Pendataan Untuk Usul Bantuan

Alur E Proposal RKB,RBL,RPL
Dinas memverifikasi Data Rekomendasi Dapodik Login aplikasi E-Proposal untuk melihat data Rekomendasi dan Memasukan Usulan tambahan

Dinas Menetapkan Usulan
Mengupload SK usulan dan data-data pendukung lain Mengisi Rencana Penggunaan Anggaran dengan Sekolah

Penetapan oleh Kemdikbud
Memantau Status pada applikasi
Alur USB - SATAP
Pengajuan Dinas
Mengisi data-data yang dibutuhkan
Mengirim data fisik ke jakarta
Verifikasi oleh DITPSMP
Memantau Perubahan Status Proposal Pengajuan
Melengkapi data-data yg dibutuhkan
Penetapan
Pencairan dana
Pelaporan & Pertanggung jawaban
Cara login e proposal
_ Demo  LOGIN E-PROPOSAL DIGITAL





Sumber : Kkgjaro.blogsport.com

Download Prota dan Promes SMP/MTS Kelas VII, VIII dan IX KTSP Semester 1 dan 2

Prota dan Promes SMP Kelas VII, VIII dan IX KTSP Semester 1 dan 2 - Pada kesempatan kali ini, Kami akan share Prota dan Promes SMP kelas 1-3 KTSP. Sudah sahabat guru, maklumi bahwa sebagai guru semestinya kita harus mengetahui tentang perencanaan. Dan untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang termasuk salah satunya adalah program satu tahun (Program Tahunan) dan juga program satu semester (Program Semester) yang harus disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan.
Program tahunan memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pelajaran. Program tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester.

Program semester adalah program pengajaran yang harus dicapai selama satu semester, selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh.
Dan di bawah ini akan sediakan Prota dan Promes SMP Kelas 1-3 KTSP semester 1 dan 2 yang bisa sahabat-sahabat unduh atau mendownloadnya. Dalam share Prota dan Promes SMP ini juga sediakan KKM-nya yang juga bisa download pada setiap mata pelajaran. Untuk RPP dan Silabus SMP KTSP kelas 1-3 bapak/ibu gur bisa mendownloadnya 
Prota dan Promes SMP KTSP Semester 1 dan 2
Langsung saja, bapak ibu guru bisa langsung mendownload Prota dan Promes-nya di bawah ini sesuai dengan mata pelajaran yang dibutuhka.
PROTA dan PROMES SMP Kelas VII KTSP Semester 1 dan 2

Mapel B. Indonesia
PROTA B. Indonesia Kelas 1 SMP [Download] - PROMES B. Indonesia Kelas 1 SMP [Download]
KKM B. Indonesia Kelas 1 SMP [Download]

Mapel B. Inggris
PROTA B. Inggris Kelas 1 SMP [Download] - PROMES B. Inggris Kelas 1 SMP [Download]
KKM B. Inggris Kelas 1 SMP [Download]

Mapel IPA
PROTA IPA Kelas 1 SMP [Download] - PROMES IPA Kelas 1 SMP [Download]
KKM IPA Kelas 1 SMP [Download]

Mapel IPS
PROTA IPS Kelas 1 SMP [Download] - PROMES IPS Kelas 1 SMP [Download]
KKM IPS Kelas 1 SMP [Download]

Mapel Matematika
PROTA Matematika Kelas 1 SMP [Download] - PROMES Matematika Kelas 1 SMP [Download]
KKM Matematika Kelas 1 SMP [Download]

Mapel PAI
PROTA PAI Kelas 1 SMP [Download] - PROMES PAI Kelas 1 SMP [Download]
KKM PAI Kelas 1 SMP [Download]

Mapel PJOK
PROTA PJOK Kelas 1 SMP [Download] - PROMES PJOK Kelas 1 SMP [Download]
KKM PJOK Kelas 1 SMP [Download]

Mapel PKn
PROTA PKn Kelas 1 SMP [Download] - PROMES PKn Kelas 1 SMP [Download]
KKM PKn Kelas 1 SMP [Download]

Mapel SBK
PROTA SBK Kelas 1 SMP [Download] - PROMES SBK Kelas 1 SMP [Download]
KKM SBK Kelas 1 SMP [Download]

Mapel TIK
PROTA TIK Kelas 1 SMP [Download] - PROMES TIK Kelas 1 SMP [Download]
KKM TIK Kelas 1 SMP [Download]


PROTA dan PROMES SMP Kelas VIII KTSP Semester 1 dan 2

Mapel B. Indonesia
PROTA B. Indonesia Kelas 2 SMP [Download] - PROMES B. Indonesia Kelas 2 SMP [Download]
KKM B. Indonesia Kelas 2 SMP [Download]

Mapel B. Inggris
PROTA B. Inggris Kelas 2 SMP [Download] - PROMES B. Inggris Kelas 2 SMP [Download]
KKM B. Inggris Kelas 2 SMP [Download]

Mapel IPA
PROTA IPA Kelas 2 SMP [Download] - PROMES IPA Kelas 2 SMP [Download]
KKM IPA Kelas 2 SMP [Download]

Mapel IPS
PROTA IPS Kelas 2 SMP [Download] - PROMES IPS Kelas 2 SMP [Download]
KKM IPS Kelas 2 SMP [Download]

Mapel Matematika
PROTA Matematika Kelas 2 SMP [Download] - PROMES Matematika Kelas 2 SMP [Download]
KKM Matematika Kelas 2 SMP [Download]

Mapel PAI
PROTA PAI Kelas 2 SMP [Download] - PROMES PAI Kelas 2 SMP [Download]
KKM PAI Kelas 2 SMP [Download]

Mapel PJOK
PROTA PJOK Kelas 2 SMP [Download] - PROMES PJOK Kelas 2 SMP [Download]
KKM PJOK Kelas 2 SMP [Download]

Mapel PKn
PROTA PKn Kelas 2 SMP [Download] - PROMES PKn Kelas 2 SMP [Download]
KKM PKn Kelas 2 SMP [Download]

Mapel SBK
PROTA SBK Kelas 2 SMP [Download] - PROMES SBK Kelas 2 SMP [Download]
KKM SBK Kelas 2 SMP [Download]

Mapel TIK
PROTA TIK Kelas 2 SMP [Download] - PROMES TIK Kelas 2 SMP [Download]
KKM TIK Kelas 2 SMP [Download]

PROTA dan PROMES SMP Kelas IX KTSP Semester 1 dan 2

Mapel B. Indonesia
PROTA B. Indonesia Kelas 3 SMP [Download] - PROMES B. Indonesia Kelas 3 SMP [Download]
KKM B. Indonesia Kelas 3 SMP [Download]

Mapel B. Inggris
PROTA B. Inggris Kelas 3 SMP [Download] - PROMES B. Inggris Kelas 3 SMP [Download]
KKM B. Inggris Kelas 3 SMP [Download]

Mapel IPA
PROTA IPA Kelas 3 SMP [Download] - PROMES IPA Kelas 3 SMP [Download]
KKM IPA Kelas 3 SMP [Download]

Mapel IPS
PROTA IPS Kelas 3 SMP [Download] - PROMES IPS Kelas 3 SMP [Download]
KKM IPS Kelas 3 SMP [Download]

Mapel Matematika
PROTA Matematika Kelas 3 SMP [Download] - PROMES Matematika Kelas 3 SMP [Download]
KKM Matematika Kelas 3 SMP [Download]

Mapel PAI
PROTA PAI Kelas 3 SMP [Download] - PROMES PAI Kelas 3 SMP [Download]
KKM PAI Kelas 3 SMP [Download]

Mapel PJOK
PROTA PJOK Kelas 3 SMP [Download] - PROMES PJOK Kelas 3 SMP [Download]
KKM PJOK Kelas 3 SMP [Download]

Mapel PKn

PROTA PKn Kelas 3 SMP [Download] - PROMES PKn Kelas 3 SMP [Download]
KKM PKn Kelas 3 SMP [Download]

Mapel SBK
PROTA SBK Kelas 3 SMP [Download] - PROMES SBK Kelas 3 SMP [Download]
KKM SBK Kelas 3 SMP [Download]

Mapel TIK
PROTA TIK Kelas 3 SMP [Download] - PROMES TIK Kelas 3 SMP [Download]
KKM TIK Kelas 3 SMP [Download]

Demikianlah share mengenai Prota dan Promes SMP Kelas 1-3 KTSP Semester 1 dan 2. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi bapak ibu guru di manapun berada.
terimakasih

Download Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB 2016

Selamat datang dewan guru dan sahabat blog infotutorial-Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi dan memberikan sebuah file tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Tahun 2016.


Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US/UN bagi sekolah dasar/MI dan SDLB Tahun Pelajaran 2015/2016 yang sudah dirilis kemdikbud ini bisa dinduh pada lama yang kami lampirkan dibawah ini, walau sejatinya sebelumnya.


kami telah bagikan POS Ujian Sekolah pada posting yang telah lalu saat itu kami sediakan contoh soal Ujian Sekolah 2015/2016 bisa dijadikan referensi buat Bapak/Ibu dalam mengajarkan materi agar hasil Ujian yang diharapkan bisa sesuai ideal dengan KKM,

Kisi-Kisi Ujian Sekolah 2016 US SD/MI/SDLB
Selengkapnya materi file unduhan kisi-kisi ujian sekolah tahun 2016 bisa diunduh pada link dibawah dan harapan kami semoga bermanfaat file ini juga untuk mempersingkat link unduhan kami lampirkan pada link dibawah ini....

DOWNLOAD KISI-KISI US SD 2015/2016

Tugas dan Tanggung Jawab Panitia UN 2016 Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah/PKBM/SKB 2015

Tugas dan Tanggung Jawab Panitia UN 2016 
Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah/PKBM/SKB 2015

Selamat Datang sahabat dan dewan guru di blog infotutorial--Sebelumnya admin sudah membagikan tentang POS Ujian Sekolah 2016 Peserta pembahasannya.Untuk kali ini admin ingin memberikan sedikit catatan tentang Tugas dan Tanggung Jawab Panitia UN 2015/2016. Panitia UN atau US/M Tingkat Satuan Pendidikan untuk madrasah/pondok pesantren ditetapkan dengan keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, terdiri atas unsur-unsur madrasah/pondok pesantren pelaksana UN dan yang bergabung.  

Satuan Pendidikan yang dapat melaksanakan UN adalah
  1. Sekolah/madrasah yang terakreditasi dan memiliki peserta UN minimal 20 orang, serta memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota;
  2. Sekolah/madrasah yang terakreditasi dan memiliki peserta kurang dari 20 orang dapat menjadi pelaksana UN Tingkat Satuan Pendidikan dengan pertimbangan kelayakan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Dinas Pendidikan Provinsi sesuai dengan kewenangannya;
  3. Pondok pesantren, PKBM, dan kelompok belajar dalam SKB yang memiliki peserta UN minimal 20 orang dan memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota; 
  4. Institusi yang ditetapkan oleh Atase Pendidikan dan/atau Konsulat Jenderal pada Kantor Perwakilan RI setempat berkoordinasi dengan Direktorat terkait atau langsung ditetapkan oleh Direktorat terkait untuk Pelaksana UN di luar negeri.
Tugas dan Tanggung Jawab Panitia UN Tingkat Satuan Pendidikan sebagai berikut:
  1. merencanakan pelaksanaan UN di sekolah/madrasah/pondok pesantren/PKBM dan SKB;
  2. melakukan sosialisasi Permendikbud tentang Kriteria Kelulusan dan POS UN kepada pendidik/tutor, peserta ujian, dan orang tua peserta; 
  3. melaksanakan UN dan memastikan kesesuaian pelaksanaan UN dengan POS UN; 
  4. mengambil naskah soal UN dari tempat penyimpanan akhir di Kabupaten/Kota sampai ke lokasi ujian; 
  5. mencatat dan melaporkan kejadian yang tidak sesuai dengan POS UN; 
  6. menandatangani amplop LJUN yang sudah dilem; 
  7. mengesahkan berita acara pelaksanaan UN di satuan pendidikan; 
  8. mengembalikan LJUN dari satuan pendidikan ke Panitia UN tingkat kabupaten/kota.
  9. mengirimkan data calon peserta UN ke Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota; 
  10. mengirimkan nilai rapor per semester dan nilai ujian S/M/PK untuk SMP/MTS/SMPTK, SMPLB, SMA/MA/SMAK/SMTK, SMALB, SMK/MAK, Program Paket B/Wustha, atau Program Paket C ke Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota; 
  11. mengambil naskah soal UN di titik simpan akhir yang sudah ditetapkan oleh Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota; 
  12. memeriksa dan memastikan amplop naskah soal UN dalam keadaan tertutup dan tersegel;
  13. menjamin kerahasiaan dan keamanan naskah soal UN; 
  14. menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan UN; 
  15. menjelaskan tata tertib pengawasan ruang ujian dan cara pengisian LJUN kepada pengawas ruang; 
  16. mengumpulkan LJUN SMP/MTs/SMPTK, SMPLB, SMALB, Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C serta mengirimkannya kepada Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota untuk selanjutnya dikirim ke Panitia UN Tingkat Provinsi; 
  17. mengumpulkan LJUN SMA/MA/SMAK/SMTK, dan SMK/MAK, serta menyerahkannya kepada Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota untuk selanjutnya dikirimkan ke perguruan tinggi;
  18. khusus untuk SILN, mengirim LJUN langsung ke Panitia UN Tingkat Pusat; 
  19. memastikan LJUN dimasukkan ke dalam amplop, dilem/dilak di ruang ujian, serta ditandatangani oleh pengawas ruang dan dibubuhi stempel satuan pendidikan pada tempat yang dilem/dilak tersebut; 
  20. menerima DKHUN dari Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota; khusus SILN, menerima DKHUN dari Panitia UN Tingkat Pusat; 
  21. menerbitkan, menandatangani, dan membagikan SHUN kepada peserta UN SMP/MTs/SMPTK, SMPLB, SMA/MA/SMAK/SMTK, SMALB, dan SMK/MAK; 
  22. membagikan SHUN kepada peserta UN Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C;
  23. khusus SMK/MAK, melakukan kerjasama dengan industri mitra atau institusi pasangan dalam rangka uji kompetensi keahlian berdasarkan pedoman pelaksanaan uji kompetensi keahlian dari Panitia UN Tingkat Pusat; 
  24. menyampaikan laporan pelaksanaan UN kepada Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota, khusus untuk sekolah Indonesia di luar negeri kepada Perwakilan RI setempat; dan 
  25. menyimpan naskah soal UN yang sudah diujikan di satuan pendidikan dalam jangka waktu satu bulan setelah pengumuman dan setelah itu soal UN dimusnahkan disertai dengan berita acara pemusnahan dan diserahkan ke Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota. 
Baca Juga Prediksi Soal Ujian Sekolah 2016

Demikian share info tentang Tugas dan Tanggung Jawab Panitia UN 2016 Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah/PKBM/SKB yang admin rangkum dari POS UN Tahun 2016. Semoga bermanfaat dan terimakasih


28 December 2015

Download Program PKB (Penilaian Kinerja Berkelanjutan) 2015

Download Program PKB (Penilaian Kinerja  Berkelanjutan) 2015

Download Program PKB (Penilaian Kinerja  Berkelanjutan) 2015


PKB (Penilaian Kinerja Berkelanjutan) adalah program yang di laksanakan di setiap sekolah dalam hal melakukan penilaian yang merupakan program kelanjutan dari PKG. Program PKB ini adalah program yang telah di susun oleh kepala sekola atau waksek bertujuan untuk mengevaluasi serta menilai guru. Setelah melakukan program PKG ini tiap sekolah baik sekolah SD, SMP sampai SMA Sederajat.

Maka program PKB ini tujuannya sama untuk menilai terhadap guru guna untuk menghasilkan guru yang lebih profesional dan bermutu. 

Untuk itulah saya sebagai admin ingin memberikan file yang berkaitan  dengan Program Penilaian Kinerja Berkelanjutan  (PKB). Silahkan bapak ibu guru bisa menunduh dibawa :
  1. Program (PKB ) Penilaian Kinerja Berkelanjutan 
  2. Contoh Lampiran Kerja Kepala Sekolah 
Sekian dan terimakasih dari postingan tentang PKB ini semoga bermanfaat untuk hari ini dan seterusnya sebagai dokumen.